Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mau Menikah? Jangan Dilatarbelakangi Media Sosial

Penulis : Ronny Wicaksono - Editor : Redaksi

21 - Nov - 2015, 06:44

Ilustrasi menikah (Foto: tribunnews)
Ilustrasi menikah (Foto: tribunnews)

MALANGTIMES - Konsultan pernikahan dan masalah keluarga, Dr Hj Hasniah MSi mengimbau para remaja untuk memikirkan matang-matang sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, bukannya terburu-buru melangkah hanya karena kenal di media sosial.

Baca Juga : Dosen UM yang Sempat Positif Covid-19, Sudah Diperbolehkan Meninggalkan Rumah Sakit

"Kalau pergaulan bebas itu berarti bukan menjadikan pernikahan sebagai perjanjian suci, jadi kalau baru kenal lewat media sosial langsung menikah adalah tujuan yang keliru dan pasti bahaya," katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut dosen UIN Sunan Ampel Surabaya itu, penyebab utama perpisahan pasangan suami istri saat ini adalah ketidaksiapan mental untuk membina rumah tangga.  "Apa ada orang yang menikah untuk mencari teman bertengkar, tentu tidak ada. Kalau bertengkar, tentu penyebabnya karena tidak siap," imbuhnya.

Selain itu ia juga memberi tips mempertahankan pernikahan yakni menyadari tujuan utamanya yakni ibadah dan mencari ridha Allah SWT. "Ridha Allah SWT itu bergantung karena ridha orang tua, karena itu kalau menikah siri tanpa restu orang tua adalah tujuan yang keliru," lanjutnya.

Baca Juga : Gegara Ahok Diskon BBM untuk Ojol, Said Didu dan Arsul Soni Malah 'Perang' di Twitter

Ahli psikologi kesehatan, pernikahan, dan reproduksi remaja, Dr dr Hj Siti Nur Asiyah MAg menambahkan jika pengetahuan soal reproduksi amat penting bagi remaja agar tak terjerumus pergaulan bebas. "Kalau mudah percaya kepada orang yang baru kenal di twitter atau facebook, lalu terseret ke pergaulan bebas akan mudah terjangkit kencing nanah (GO), HIV/AIDS," imbuhnya. (*)


Topik

Peristiwa Menikah Media-Sosial


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ronny Wicaksono

Editor

Redaksi