Menyoal Sanksi Pejabat ASN Tersandung Narkoba, Pemkot Malang Tunggu Proses Hukum

Mar 29, 2021 12:49
Ilustrasi. (Foto: iStock).
Ilustrasi. (Foto: iStock).

MALANGTIMES - Nasib status kepegawaian pejabar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berinisial AH belum ditentukan. 

Pasalnya, pihak Inspektorat Kota Malang hingga saat ini masih menunggu proses hukum yang berlangsung.

Kepala Inspektorat Kota Malang Abdul Malik mengatakan, terkait nasib status ASN AH yang tersandung kasus narkoba, pihaknya masih akan mengkoordinasikan dengan Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Hal ini akan menjadi acuan, langkah apa yang akan diambil sembari menunggu proses hukum dari kepolisian. 

"Kita hormati apapun proses hukum yang berjalan karena ini ranahnya kepolisian. Memang, PP No 53 Tahun 2010 yang dipakai, tapi kalai proses hukum itu sudah selesai barulah kami melangkah ke sana," ujarnya, saat ditemui di Balai Kota Malang, Senin (29/3/2021).

Namun, ketika disinggung soal sanksi bagi pejabat ASN yang tersandung kasus narkoba, pihaknya enggan menjelaskan lebih rinci. Menurutnya, bentuk sanksi diserahkan kepada pimpinan dalam hal ini Wali Kota Malang Sutiaji.

"Kewajiban kami menelaah sesuai dengan aturan yang berlaku. Keputusanya tetap di tangan pimpinan," jelasnya.

Dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN diatur kalau sudah ada putusan tinggal hukuman disiplin pegawainya. Antara akan diturunkan pangkatnya tetapi tidak dipecat, yang mana itu masuk dalam hukuman sedang, namun bisa saja diberhentikan bergantung pada proses hukum yang dijalani nantinya.

Lebih jauh, apakah yang bersangkutan bisa diberhentikan statusnya sebagai ASN, Malik menyebut segala sanksi itu serba dimungkinkan. Artinya, tergantung pada keputusan hukum yang dijalankan.

"Semuanya serba mungkin, sesuai aturan," tandasnya.

Untuk diketahui, AH merupakan satu dari 6 tersangka lain yang berhasil diringkus jajaran Satreskoba Polresta Malang Kota dalam kasus ini. 

Selanjutnya, kasus yang menimpanya ini kini tengah dilimpahkan ke Polda Jawa Timur guna percepatan dan pengananan lebih lanjut.

Topik
Kasus NarkobaASN Kota MalangInspektorat Kota MalangSanksi ASNberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru