Sukses Dongkrak Kreativitas Siswa Maupun Pelaku Seni, MGCT Bakal Berkesinambungan

Mar 29, 2021 11:02
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana (kanan) saat menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu juri Malang Got Culture Talent (MGCT) 2021, Bobby Nugroho. Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana (kanan) saat menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu juri Malang Got Culture Talent (MGCT) 2021, Bobby Nugroho. Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Malang Got Culture Talent (MGCT) yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang melalui Bidang Kebudayaan berlangsung sukses memunculkan kreativitas para pelaku seni di Kota Malang, baik para pelajar, perorangan, maupun sanggar.

Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana menjelaskan, entu kegiatan tersebut akan ada kesinambungannya karena memang untuk kebaikan para siswa maupun dalam upaya terus menggelorakan kecintaan terhadap budaya maupun kesenian tradisional.

"Tentu akan kita bikin berkesinambungan. Ini kan utamanya untuk siswa, agar tetap terpupuk dalam kecintaan terhadap budaya. Kalau nanti hanya sekali, tentu kurang efektif. Makanya kalau kaitannya dengan budaya, harus benar-benar tertanam dalam jiwanya," ucapnya.

Jika kecintaan terhadap budaya dan kesenian tradisional telah tertanam sejak dini,  ke depannya akan berimbas pada kehidupan yang damai. Selian itu, penanaman cinta terhadap kebudayaan ini  sebagai sarana menumbuhkan budi pekerti di dalam diri, khususnya untuk para siswa. "Sehingga budi pekerti ini juga bisa dipupuk melalui budaya," kata Suwarjana.

Untuk itu, ke depannya MGCT akan digelar lebih meriah lagi bila pandemi usai. Selain itu, tak hanya empat kategori yang dilombakan seperti gelaran MGCT saat ini. Direncanakan,  ke depan akan ditambahkan kategori lain untuk dilombakan guna semakin memeriahkan MGCT.

Seperti diketahui,  para peserta telah menjalani penilaian oleh tim juri melalui daring dan kemudian akhirnya tersaring para peserta yang lolos ke tahapan selanjutnya, yakni takeshoot video.

Setelah takeshoot oleh panitia dengan mendatangi satu per satu peserta, tahapan selanjutnya telah memasuki tahapan penilaian tahap dua oleh tim juri dan memasuki penayangan hasil takeshoot video di media sosial Bidang Kebudayaan dan stasiun televisi lokal pada 27 sampai 29 Maret 2021.

Untuk masing-masing kategori, nantinya akan diambil juara satu sampai juara tiga. Juara 1 masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta, dan juara 3 Rp 1 juta. Ada juga juara terfavorit pilihan warganet dengan hadiah Rp 1 juta.

Sementara itu, untuk informasi lebih detail mengenai pengumuman terbaru pemenang, kunjungi channel Bidang Kebudayaan Dikbud Kota Malang atau akun instagram resmi Bidang Kebudayaan,  @kebudayaan.dikbud.kotamalang.

Topik
malang got culture talentBidang Kebudayaan Disdikbud Kota MalangDisdikbud Kota MalangKepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru