Ahli Waris Pasien Covid-19 di Kota Batu Dapat Santunan Rp 5 Juta, bukan Rp 15 Juta

Mar 28, 2021 14:35
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

BATUTIMES- Keluarga atau ahli waris dari pasien Covid-19 yang meninggal dunia sedianya berhak atas uang santunan sebesar Rp 15 juta. Namun, ahli waris pasien Covid-19 di Kota Batu hanya dapat santunan Rp 5 juta. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinsos Kota Batu Ririk Mashuri, Minggu (28/3/2021).

"Dari Pemprov Jatim membijaki lagi akan memberikan santunan sebesar Rp 5 juta. Santunan itu akan diberikan kepada ahli waris yang datanya sudah masuk ke Kemensos," ujarnya.

Santunan dana tersebut, telah diatur di SE Gubernur Jatim Nomor 460/5026/107.4.07/2021. Pihaknya telah melakukan sosialisasi ke desa-desa di Kota Batu agar para ahli waris mendaftar. Sosialisasinya melalui kecamatan sejak bulan Juli 2020. "Hingga saat ini yang daftar masih 21 ahli waris di Kota Batu. Dan datanya sudah masuk ke Kemensos," ujarnya.

Untuk persyaratan pendaftaran di antaranya, surat keterangan meninggal akibat Covid-19 dari rumah sakit atau puskesmas atau Dinkes Kota Batu. Kemudian, surat keterangan ahli waris, fotocopy KK dan KTP serta fotocopy rekening tabungan.

Lanjutnya, jumlah penerima santunan ini bisa bertambah seiring data rilis dari Dinkes Kota Batu. Apabila sudah mendapat data tersebut, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Dinsos Kota Batu akan mendatangi ahli waris yang tertera di data Dinkes Kota Batu.

Pengusulan ini memiliki tenggat waktu hingga tanggal 31 Maret. Sedangkan untuk penyaluran dana Dinsos Kota Batu masih menunggu kebijakan dari provinsi.

"Apabila sekarang tidak tercover, akan dicover oleh PAK di tahun 2021. Jika tidak tercover, akan dicover lagi di pengusulan anggaran di tahun 2022," ujarnya.

Diketahui, menurut Surat Edaran Kementerian Sosial Republik Indonesia Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2020, tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19 menyatakan bahwa, santunan meninggal dunia diberikan kepada ahli waris yang anggota keluarganya meninggal disebabkan terinfeksi Covid-19 yang dinyatakan oleh rumah sakit/puskesmas atau dinas kesehatan. Indeks santunan sebesar Rp 15 juta per jiwa.

Topik
Berita Batuahli waris pasien covid 19Dinsos Kota BatuRirik Mashuri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru