Ketua PBNU Resmikan Galeri Unisma, Menyimpan Cerita dan Sejarah Berdirinya Kampus Islam Terbesar di Malang

Mar 28, 2021 08:57
Rektor Unisma, Prof Maskuri saat menunjukan koleksi foto bersejarah kepada Ketua PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA (Ist)
Rektor Unisma, Prof Maskuri saat menunjukan koleksi foto bersejarah kepada Ketua PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA (Ist)

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) meresmikan Galeri Unisma. Peresmian Galeri Unisma yang menyimpan sejarah berdirinya Unisma itu, diresmikan langsung oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA, Sabtu (27/3/2021).

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi, menjelaskan, jika galeri Unisma ini memang merupakan tempat yang menyimpan catatan sejarah berdirinya Unisma, mulai dari siapa pendiri dan perintis hingga berbagai macam kegiatan yang pernah digelar.

Membuat sebuah galeri, menurut Maskuri bukanlah hal yang mudah. Sebab, hal ini memerlukan penggalian data maupun penelusuran mendalam untuk mengungkap fakta sejarah berdirinya kampus moderat ini.

"Penelusuran memang dilakukan, utamanya untuk menggali dokumen foto-foto, bahkan juga sarana-sarana seperti mesin ketik, bahkan sepeda motor dan fasilitas tempo dahulu telah hadir di Galeri Unisma," jelasnya.

Tentu tak berhenti dengan koleksi yang ada saat ini, penambahan koleksi dan sejumlah informasi sejarah tentunya tetap akan terus dilakukan agar semakin melengkapi koleksi maupun cerita sejarah Galeri Unisma.

Dengan hadirnya Galeti Unisma ini, pihaknya berharap bisa memberikan kebermanfaatan dan pelajaran berharga, khususnya kepada para generasi penerus Unisma dan khalayak luas lainnya untuk lebih berjuang dalam mengembangkan Unisma menjadi sebuah universitas yang terkemuka dunia.

“Betapa pentingnya kita menghargai para perintis, para pendiri, maupun para pengabdi di Unisma dari waktu ke waktu, perjuangan dan cucuran keringat telah mereka korbankan,” jelasnya.

Sementara itu, di Galeri Unisma menyimpan berbagai koleksi bersejarah. Mulai dari informasi ikhtisar proses berdirinya Unisma, dimana sebelumnya Risalah Rapat yang digelar pada Selasa 24 Maret 1971 Fakultas Tarbiyah Malang, Jalan Mayjen Haryono 193 dan dihadiri oleh sekitar 27 orang, diantaranya KH Oesman Manshur, Buchori Shaleh LAS, Drs H Zainuddin AM dan yang lainnya.

Dalam keputusan Rapat itu, menghasilkan dua keputusan. Keputusan pertama adalah semua yang hadir sepakat untuk mendirikan Unisma dan membentuk panitia sembilan yang diberikan alamat untuk melaksanakan pembentukan universitas.

Disana juga terdapat beragam dokumentasi foto kegiatan baik dari kuliah tamu dari luar negeri, kegiatan fakultas, kegiatan ospek mahasiswa. Di Galeri Unisma juga terdapat sejumlah dokumentasi profil maupun foto dari ketua pertama yayasan Unisma, Rektor pertama Unisma hingga Ketua Panitia Sembilan. 

Selain dokumentasi foto-foto para tokoh, di Galeri Unisma juga terdapat bukti sejarah otentik yakni kursi pertama Rektor Unisma dan juga kursi pertama Dekan Unisma.

Topik
galeri unismaSaid Aqil SiradjmaskuriKampus Unismakampus islam malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru