Pertama Digelar di Indonesia, Diskominfo Kabupaten Malang Jadi Rule Models Duta Informasi

Mar 27, 2021 19:13
Piala Duta Informasi Kabupaten Malang (foto: Diskominfo Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Piala Duta Informasi Kabupaten Malang (foto: Diskominfo Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang menjadi dinas yang pertama kali menggelar pemilihan Duta Informasi tingkat pemerintah daerah di Indonesia.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz mengatakan bahwa sejak pihaknya merancang inovasi Duta Informasi sebagai kepanjangan tangan, hingga saat ini belum ditemukan wilayah lain yang membuat. Hal itu mengindikasikan bahwa Duta Informasi Kabupaten Malang nantinya akan menjadi yang pertama kali di Indonesia dari tingkat pemerintah daerah.

“Dari informasi yang saya dapat, setelah saya googling (melakukan pencarian melalui Google) juga itu baru ada di Kabupaten Malang. Bisa jadi nanti jadi rule models, karena nantinya tugasnya mereka (Duta Informasi) dalam satu tahun kami tunjuk untuk menginformasikan tugas dari Kominfo,” ungkap Aniswaty saat dihubungi MalangTIMES melalui sambungan telepon, Sabtu (27/3/2021).

Dijelaskan Anis, muncul ide untuk menggelar Duta Informasi berawal dari kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Malang yang padat. Hal itu karena tugas dari Diskominfo sendiri adalah sebagai penyambung program yang telah dimiliki oleh OPD di Kabupaten Malang.

“Karena kami tidak bisa mengikuti segala giat OPD, karena selain keterbatasan anggaran tapi itu bukan alasan, maka kami harus memiliki kepanjangan tangan, akhirnya ada inovasi dari saya untuk memilih semacam kader untuk menjadikan perwakilan Kominfo untuk menyampaikan segala informasi atau program yang dimiliki unit kerja,” terang Anis.

Kini dari ratusan pendaftar yang ada, sudah tersaring 20 semifinalis. Dari ke-20 itu kemudian lahir 10 semifinalis yang nantinya akan mendapatkan pembekalan mengenai penyampaian informasi.

“Posisi 10 semifinalis itu sudah dalam masa pembekalan mulai Senin (29/3/2021) besok, dan empat hari ke depan mereka akan mendapatkan segala macam informasi,” kata dia.

Pembekalan yang dimaksud Anis tersebut adalah nantinya masing-masing semifinalis akan diberi tugas atau memberikan informasi tentang salah satu yang sesuai dengan passion mereka, namun tentunya juga tetap bersinggungan dengan OPD di Kabupaten Malang. “Itu nantinya kami bekali dengan surat tugas untuk menuju ke tempat (OPD) sesuai yang diinginkan,” ucapnya.

Anis mengaku bahwa peserta Duta Informasi ini mayoritas masih duduk di sekolah menengah atas. Menurut Anis hal ini memang ranahnya pembinaan untuk meningkatkan agar di masa pandemi karena sering membaca di rumah atau melihat informasi di rumah diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini ada hal positif yang didapat.

“Para peserta menyetorkan video atau vlog dari tema atau topik yang diambil. Dari cara mereka tampil dan menyampaikan informasi (dari video yang dikirim, red) sudah bisa kelihatan cara menyampaikan informasi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, semua kegiatan mulai penjaringan hingga penjurian Duta Informasi Kabupaten Malang berjalan secara daring. Sementara ketika pembekalan nantinya akan langsung bertatap muka, mengingat hal itu akan melibatkan pembelajaran secara langsung.

 

Topik
duta informasiDiskominfoDiskominfo Kabupaten MalangAniswaty Aziz

Berita Lainnya

Berita

Terbaru