Luncurkan Seribu Pasang Mata, Polres Batu dan PHRI Kolaborasi Tingkatkan Keamanan Pariwisata

Mar 27, 2021 15:59
Polres Batu dan PHRI Kota Batu lakukan penandatanganan MoU untuk tingkatkan keamanan pariwisata. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Batu Permai, Kota Batu, Jumat (26/3/2021) kemarin (foto istimewa)
Polres Batu dan PHRI Kota Batu lakukan penandatanganan MoU untuk tingkatkan keamanan pariwisata. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Batu Permai, Kota Batu, Jumat (26/3/2021) kemarin (foto istimewa)

BATUTIMES-Polres Batu dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu berkolaborasi untuk meningkatkan keamanan pariwisata di Kota Batu. Dengan itu, Polres Batu akan meluncurkan seribu pasang mata untuk memantau dan menekan potensi kriminal di Kota Batu.

Kolaborasi antara Polres Batu bersama PHRI Kota Batu itu dimasukkan dalam nota kesepahaman. Dan disaksikan oleh pihak Dinas Pariwisata Kota Batu.

Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo mengatakan, inovasi ini akan memanfaatkan kamera CCTV milik hotel maupun restoran di Kota Batu. Utamanya kamera CCTV yang menghadap ke jalan-jalan raya. Fitur 1000 mata ini melekat pada Aplikasi Jelajah Kota Batu (Apel Batu) yang diluncurkan pihak polres.

"Kamera-kamera tiap hotel maupun restoran akan diintegrasikan pada sistem 1000 mata yang akan dikontrol dari ruang Command Center," ujarnya, Sabtu (27/3/2021).

Lanjutnya, ini adalah sebagai bentuk meningkatkan pelayanan publik dalam menjamin keamanan Kota Batu sebagai daerah tujuan wisata. Serta membantu tugas kepolisian untuk mempercepat penindakan jika terjadi aksi kejahatan.

"Untuk Gedung Command Center sendiri, kini  masih dalam tahap pembangunan. Nantinya, akan ditempatkan di dekat pintu masuk Mapolres Batu. Dan dilengkapi ruang digital, ruang data, CCTV dan operator 110," ujarnya.

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengatakan, kolaborasi ini adalah sebagai bentuk jamin keamanan di bidang pariwisata. Serta membuat rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

"Kami sangat mendukung dengan adanya seribu pasang mata yang memantau wilayah Kota Batu. Dengan ini, wisatawan akan merasa aman dan nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq sangat mendukung kolaborasi ini. Sebab, wisatawan butuh keamanan dan kenyamanan saat hendak berkunjung ke Kota Batu.

"Wisatawan butuh keamanan dan kenyamanan. Kamtibmas sangat penting bagi Kota Batu sebagai kota wisata. Sehingga, bisa meningkatkan kepercayaan bagi wisatawan," ujarnya.

 

Topik
Wisata Kota Batu MalangPHRI Kota BatuPolres Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru