Tingkatkan Pelayanan, Polres Malang Siap Buat Program dan Inovasi Baru

Mar 26, 2021 20:22
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar saat menyerahkan cinderamata kepada Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Prof Dr Diah Natalisa (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar saat menyerahkan cinderamata kepada Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Prof Dr Diah Natalisa (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Polres Malang akan membuat program baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu menambah inovasi pelayanan publik yang telah dimiliki seperti SKCK, SPKT, Satpas SIM dan Pelayanan 3 in 1.

Hal ini disampaikan saat dikunjungi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI). Di mana, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan inovasi yang akan dimiliki.

“Kami akan membuat program-program lain hingga pelayanan (kepada masyarakat, red) bisa berjalan maksimal,” kata Hendri Umar.

Dengan memiliki beberapa inovasi dan program unggulan itu, berbagai polres tertarik datang ke Mapolres Malang untuk study tiru, seperti Polres Tanjung Bale Karimun, Polres Blitar Kota dan Polres Trenggalek.

“Yang terbaru ini kan penyesuaian program Kapolri yaitu SIM Presisi, untuk meningkatkan pelayanan, dengan sistem para pembuat SIM tidak perlu hadir ke Satpas untuk ujian teori, hanya menggunakan handphone, sehingga memangkas waktu dan birokrasi. Begitu datang sudah bisa langsung ujian praktek,” ungkap Hendri.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa yang telah melihat beberapa inovasi dari Polres Malang juga berharap agar dapat lebih meningkatkan pelayanan terutama kepada penyandang disabilitas.

“Pengadilan dan Imigrasi sudah kami jadikan Pilot Project untuk penunjuk jalan (ubin pemandu) bagi penyandang disabilitas tuna netra dan lahan parkir dekat pintu masuk,” kata Diah Natalisa.

Meski begitu, Diah mengaku bahwa pihaknya yakin kepada Polres Malang dapat melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang tetap dipertahankan.

“Kami yakin inovasi di Polres Malang sangat banyak, dan bisa meningkatkan lagi sehingga bisa masuk menjadi salah satu jajaran Top Inovator,” tandas Diah. 
 

 

Topik
Polres MalangInovasi Polres MalangKemenpan RBberita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru