Warga Pisang Candi Digegerkan Sosok Hewan Diduga Buaya yang Melintas di Selokan

Mar 26, 2021 20:04
Lokasi selokan ditemukannya sosok hewan diduga buaya yang berada di wilayah Jalan Taman Agung, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jumat (26/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Lokasi selokan ditemukannya sosok hewan diduga buaya yang berada di wilayah Jalan Taman Agung, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jumat (26/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Warga Jalan Taman Agung, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang digegerkan dengan viralnya video berdurasi 4 detik yang memperlihatkan adanya sosok hewan yang diduga seperti buaya melintas di sebuah selokan, Jumat (26/3/2021) siang. 

Berdasarkan penuturan dari saksi pria bernama Mikhail Nathan (13) yang sempat mengabadikan sosok hewan diduga buaya dalam video berdurasi 4 detik tersebut, kejadiannya terjadi sekitar pukul 11.40 WIB. 

"Waktu aku buka pagar rumah terus jalan keluar aku lihat itu (hewan diduga buaya, red) melintas. Terus aku panggil ibu dan kakak. Dan waktu itu aku minta tolong kakak untuk memvideokan," ujarnya kepada MalangTIMES.com. 

Nathan saat menyaksikan sosok hewan melintas di dalam selokan tersebut mengira sosok hewan tersebut buaya ataupun biawak. Lanjut Nathan, bahwa besar hewan tersebut kurang lebih pas dengan lebar selokan. 

"Itu antara buaya atau biawak. Karena warnanya hitam dan dibawa selokan yang ketutup atasnya. Aku juga nggak terlalu tahu ukurannya, karena aku juga takut," ujarnya. 

Sementara itu ditemui di lokasi kejadian, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pemadam Kebakaran Kota Malang Muhammad Teguh Budi Wibowo menjelaskan, bahwa pihaknya pertama kali menerima laporan adanya sosok hewan diduga buaya tersebut sekitar pukul 15.50 WIB. 

"Adanya sosok hewan yang diduga buaya tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB dan kita menerima laporan pukul 15.50 WIB. Kita juga sempat melakukan pencarian radius 50 meter di sepanjang selokan tersebut," jelasnya. 

Meskipun sempat dilakukan pencarian, sosok hewan yang diduga buaya tersebut tidak ditemukan dan pihaknya bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) sementara ini menghentikan pencarian. 

"Sementara ini kita hentikan pencarian dan akan terus stand by. Besok kita akan melanjutkan pencarian jika terdapat laporan dari warga sekitar," terangnya. 

Lanjut Teguh, bahwa disaat kondisi seperti ini, sosok diduga buaya tersebut akan mencari tempat untuk berlindung dan mencari makan serta berjemur. Karena jika terdapat banyak masyarakat yang ramai, diduga hewan seperti buaya tersebut akan menghindar. 

"Ada sebuah sungai besar dari arah utara dan kondisi seperti ini buaya akan berlindung. Kalau suasana ramai biasanya mereka lari dan kalau malam nanti muncul lagi, kita siap datang," ujarnya. 

Terakhir, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di lokasi Jalan Taman Agung, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang dan sekitarnya agar terus waspada. 

"Kita juga mengimbau masyarakat terus waspada. Tutup pintu dan pagar rapat. Lalu jika akan keluar harap melihat kondisi sekitar terlebih dahulu," pungkasnya.

Topik
buaya di selokanUPT Damkar Kota MalangBPBD Kota Malangbuaya di pisang candi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru