Pemkab Malang Targetkan Kemudahan Pelayanan Investasi Bisa Terealisasi Tahun Ini

Mar 26, 2021 19:49
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (paling kiri) saat mendampingi kunjungan peninjauan dari Kemenpan RB terhadap Mal Pelayanan Publik, Jumat (26/3/2021). (Foto: Istimewa)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (paling kiri) saat mendampingi kunjungan peninjauan dari Kemenpan RB terhadap Mal Pelayanan Publik, Jumat (26/3/2021). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Masyarakat khususnya yang mendambakan kemudahan dalam mengurus perizinan perihal investasi di Kabupaten Malang, sepertinya harus lebih bersabar. Sebab, fasilitas kemudahan pengurusan perizinan melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) yang digadang-gadang bakal segera terealisasi, terpaksa peresmiannya harus ditunda untuk beberapa waktu ke depan.

Alasannya, dijelaskan Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto, masih ada beberapa evaluasi khusus yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), yang perlu dipenuhi sebelum MPP resmi dilaunching.

Salah satu atensi yang diberikan Kemenpan RB tersebut, adalah perihal layout atau tata letak pelayanan yang bakal disediakan di mal pelayanan publik. 

”Terkait dengan beberapa hal kekurangan itu, akan segera kita tambahkan. Baru setelah proses itu terpenuhi, setidak-tidaknya dalam 6 atau 10 bulan ke depan baru kita persiapkan (untuk melaunching MPP, red),” ucap Didik saat mendampingi kunjungan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa ke MPP yang bertempat di rumah dinas Bupati di area Pendapa Panji, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (26/3/2021).

Sekedar diketahui, seperti yang sudah dimuat dalam pemberitaan sebelumnya, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa menyarankan, agar Pemkab Malang mempertimbangkan layout pelayanan yang akan disediakan dalam MPP.

Menurut Diah, layout pelayanan yang ada di MPP tersebut dirasa sangat penting, lantaran saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. ”Tentunya MPP ini ada beberapa sisi lainnya yang dianggap telah memenuhi standar, sedangkan kehadiran beliau ini untuk sementara meninjau terhadap kekurangan. Tentunya catatan itu (perihal layout, red) menjadi bagian evaluasi yang harus segera kita persiapkan,” ucapnya.

Didik berjanji, masukan dari Kemenpan RB perihal tata letak yang akan disediakan dalam MPP tersebut, bakal segera dibenahi dalam waktu dekat ini. ”Setelah ada catatan kecil terutama soal layout sesuai dengan harapan beliau (Kemenpan RB, red) itu, akan segera dibicarakan bersama. Konsentrasi yang paling utama pada saat ini, kita ingin pada tahun ini bisa segera kita tambahkan fasilitas yang ada di sana (MPP),” ulasnya.

Tentunya, lanjut Didik, di dalam pemenuhan layout yang disediakan dalam MPP tersebut, Pemkab Malang melalui beberapa dinas terkait, bakal intens berkoordinasi dengan Kemenpan RB. 

”Setelah ada kunjungan hari ini, kepala dinas terkait akan berkonsultasi dengan Kemenpan RB,” imbuhnya.

Secara gambaran umum, Didik menambahkan, pelayanan yang diberikan dalam MPP bakal menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat. ”Insyaa Allah kita akan segera coba kembangkan, karena ada sesuatu yang harus ditangkap, Covid-19 inikan belum jelas kapan masa berakhirnya. Maka ke depannya, bagaimana (pelayanan) tatap muka langsung ini harus kita persiapkan dengan maksimal,” terangnya.

 

Topik
pelayanan investasikemudahan pelayanan investasiMal Pelayanan Publik Kabupaten Malangwabup malang didik gatot subrotoKemenpan RBberita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru