Giliran Proyek Fisik Malang Creative Center Masuk Tahap Lelang

Mar 26, 2021 17:12
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk segera merealisasikan pembangunan Malang Creative Center (MCC)  tahun 2021 ini terus dikebut. 

Sebelumnya, tender konsultan manajemen konstruksi telah dilelang. Kini, tender fisik MCC juga sudah masuk ke tahap lelang di unit layanan pengadaan (ULP). Nilai pagu untuk proyek ini sebesar Rp 100 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso mengatakan, untuk merealisasikan pembangunan MCC, harus dituntaskan proses kedua tender yang cukup memakan waktu. "Nunggu selesai tender dulu. Prosesnya kan butuh waktu. Tender fisik itu paling tidak 1,5 bulan. Kalau tender konsultannya minimal 2 bulan," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Soni ini menambahkan, jika kedua tahapan telah dilalui, nantinya baru disepakati kedua pemenang secara bersamaan. Sehingga, pembangunan  fisik MCC bisa dijalankan.

"Mudah-mudahan, lelang tender ini bisa sepakat dan harus ada pemenang. Kalau satu tidak ada, ya gagal lelang. Harus lelang lagi," imbuhnya.

Meski begitu, DPUPRPKP  tetap memastikan tahap awal pembangunan proyek yang dianggarkan multiyears tersebut bakal dibangun tahun ini. "Anggarannya kan multiyears. Setidaknya, 14 bulan (pembangunan fisik) bisa selesai," kata dia.

Untuk diketahui, pembangunan MCC dengan sistem multiyears dalam pengerjaannya memakan total anggaran Rp 100 miliar. Di APBD Kota Malang 2021 ini, pagu anggarannya senilai Rp 75 miliar. Lalu dilanjutkan di APBD tahun 2022 senilai Rp 25 miliar.

Gedung MCC akan dibangun setinggi 8 lantai di lahan eks gedung PDAM di kawasan Jl Achmad Yani. MCC nantinya, akan dijadikan pusat kegiatan ekonomi kreatif di Kota Malang yang memfasilitasi sekitar 100 pelaku ekonomi kreatif asal Kota Malang.

Topik
Malang Creative CenterMCClelang MCCPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru