Tertunda Dua Tahun, Peserta Workshop Bisnis Mengeluh Kesulitan Refund Uang

Mar 26, 2021 16:39
MR Dinilai Enggan Refund Uang Workshop (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
MR Dinilai Enggan Refund Uang Workshop (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

INDONESIATIMES - Penundaan kegiatan workshop bisnis yang berlangsung cukup lama, membuat peserta resah. Terlebih lagi, permintaan refund dana yang sudah disetorkan, tidak kunjung dilakukan oleh penyelenggara.

Hal itu seperti halnya dirasakan oleh Ricky Sen, Founder Dokter Mobil. Dia menunggu waktu cukup lama pelaksanaan kegiatan workshop berbayar. Kegiatan workshop rencananya digelar oleh salah satu motivator ternama di Indonesia berinisial MR pada 2020 lalu.

Ricky mengaku sudah membayar Rp 8 juta.  Dia mengaku sudah minta refund dana tapi, menurutnya MR enggan melakukan refund.  "Awalnya saya sudah bayar 2 kelas workshop Rp 8 juta kepada pihak MR yang akan diadakan tahun 2020, karena pandemi akhirnya ditunda tahun 2021. Kemudian dapat kabar kalo workshop ditunda sampe 2022 dan saya minta refund malah ngga dikasih," ungkap Ricky, Jumat (26/3).

Lebih lanjut Ricky menjelaskan persoalan yang dihadapi bukan semata-mata soal uang. Akan tetapi lebih kepada soal etika bisnis. Ricky meyakini banyak peserta memiliki keresahan yang sama tapi tidak berani bersuara.

Sebelumnya, Ricky sudah diskusi secara baik-baik selama 3 hari, tetapi pihak panitia dari MR hanya  menganggap itu biasa saja. Akhirnya Ricky melayangkan surat terbuka di akun Facebook miliknya. "Saya ngga suka ribut-ribut, jangan mentang-mentang sana pembicara Nasional masalah begini dianggap biasa saja," tegas Ricky.

Sementara itu, pihak MR belum memberikan respons setelah dihubungi Jatim Times baik via telepon maupun pesan WhatsApp.

Topik
workshop bisnisricky sen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru