Pengamat Sebut Sidang Offline Ajang Habib Rizieq Jadi Singa Podium untuk Bela Diri

Mar 26, 2021 08:53
Habib Rizieq (Foto: Pikiran Rakyat)
Habib Rizieq (Foto: Pikiran Rakyat)

INDONESIATIMES- Pengamat dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai jika persidangan offline akan menguntungkan posisi Habib Rizieq.

Menurut Ujang, Rizieq akan memanfaatkan momen ini untuk meyakinkan orang lewat orasi yang berapi-api. Bahkan, Ujang mengklaim Habib Rizieq akan dianggap sebagai "singa podium".

"Artinya, bisa membela harga dirinya di sidang secara langsung dalam konteks melakukan pembelaan di depan hakim maupun menolak tuduhan dari jaksa," kata Ujang.

Lebih lanjut, kata Ujang persidangan online sedikit banyak merugikan Rizieq. Lantaran, pentolan dari Front Pembela Islam (FPI) itu tak bisa bermanuver secara langsung di depan majelis hakim.

Oleh sebab itu, dengan kehadiran langsung di ruang sidang, habib Rizieq diprediksi akan banyak berorasi. Diketahui, sidang lanjutan Habib Rizieq digelar hari ini Jumat (26/3/2021) secara offline pukul 09.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).  

Sidang tersebut beragendakan mendengarkan nota keberatan atau eksepsi dari Habib Rizieq atas dakwaan-dakwaan jaksa penuntut umum.

Kendati demikian, cetus Ujang, upaya Habib Rizieq ini tak serta-merta menentukan hasil di persidangan.

"Dihukum berat atau ringan, tetap tergantung hakim," ujar penulis buku Ideologi Partai Politik: Antara Kepentingan Partai dan Wong Cilik tersebut.

Topik
ujang komarudinHabib RizieqFPI
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru