Layaknya Film Action, Petugas Amankan Pelaku Spesialis Bobol Pick Up

Mar 25, 2021 16:41
Waka Polres Malang Kota AKBP Totok Mulyanto Diyono dalam konferensi pers, Kamis (25/3/2021) (foto: istimewa)
Waka Polres Malang Kota AKBP Totok Mulyanto Diyono dalam konferensi pers, Kamis (25/3/2021) (foto: istimewa)

MALANGTIMES-Video rekaman aksi kejar-kejaran antara petugas dengan pelaku curanmor di Exit Tol Leces, Probolinggo, Selasa (23/3/2021) beberapa lalu sempat ramai di media sosial, sebab aksi penangkapan itu layaknya di film-film action.

Aksi kejar-kejaran antara petugas satreskrim Polresta Malang bersama Polres Pasuruan serta Polsek Leces dengan pelaku residivis spesialis pencurian pick up di wilayah Jawa Timur itu juga sempat timbul suara tembakan.

Waka Polresta Malang Kota AKBP Totok Mulyanto Diyono menjelaskan, aksi penangkapan tersebut dilakukan lantaran pelaku sudah lama menjadi target operasi di sejumlah polres jajaran di Polda Jawa Timur karena kasus pencurian kendaraan.

Kemudian, Tim Resmob Polresta Malang Kota melakukan pengejaran terhadap pelaku hingga Jembatan Suramadu. Setelah mendapati mobil yang digunakan pelaku, yakni Honda Mobilio putih dengan nomor polisi N 1722 FQ melintas di Tol Pandaan. Tim Resmob Polresta Malang Kota meminta back up dari Polres Pasuruan Kota dan Polsek Leces untuk melakukan penangkapan.

"Aksi kejar-kejaran pun terjadi. Kami pun sempat memberikan tembakan peringatan kepada pelaku. Karena sempat melakukan perlawanan, kami memberikan tembakan tegas terukur, hingga ahkirnya pelaku dapat diamankan," ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Ada tiga pelaku yang ditangkap. Yakni, Wahyudi (26), warga Kabupaten Jember, Feri (29), warga Kabupaten Lumajang dan Buha (26) warga Kabupaten Jember. Satu di antaranya, Buha adalah residivis kambuhan yang baru saja bebas di tahun ini.

"Para pelaku ini sudah melakukan pencurian di Kota Malang sebanyak 3 kali, di Kabupaten Malang 2 kali dan wilayah Pasuruan 2 kali. Sebab itu, polisi terus memburu mereka dan informasi terakhir didapati pelaku ada di Madura," ujarnya.

"Ketiga pelaku kini dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara," imbuhnya.

Perlu diketahui, penangkapan ketiga pelaku ini didasarkan karena sudah cukup meresahkan banyak warga Jawa Timur. Di Kota Malang saja, menurut pengakuan pelaku, pencurian pertama dilakukan pada 3 Februari 2021 di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Lalu, pada tanggal 27 Januari 2021 aksi terjadi di lapangan parkir, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

"Modus operandinya juga standar, membobol mobil pick-up dengan kunci T," ujarnya.

 

Topik
spesialis pencuri pick uppenangkapan pencurivideo viralMapolres Malang KotaPolres PasuruanPolres Malang Kota
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru