Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Pemkot Malang Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

Mar 24, 2021 19:28
Dari kiri, Kepala Diskopindag, M Sailendra, Walikota Malang Sutiaji dan Kepala BI Malang Azka Subhan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Dari kiri, Kepala Diskopindag, M Sailendra, Walikota Malang Sutiaji dan Kepala BI Malang Azka Subhan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Indonesia terus mendorong masyarakat agar lebih mencintai produk lokal. Sebab, produk dalam negeri sendiri tidak kalah kualitasnya dengan produk luar (impor). Selain itu, gerakan mencintai produk Indonesia juga guna membangun kemandirian bangsa di bidang ekonomi serta sebagai upaya menghadapi tantangan krisis ekonomi global.

Selaras dengan hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji turut mendorong masyarakat untuk mencintai produk buatan lokal. Hal itu disampaikan Sutiaji saat membuka kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 yang digelar Bank Indonesia (BI) Malang, Rabu (24/3/2021) di Hotel Santika.

Dijelaskannya, dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi, tentunya bisa dilakukan dengan membeli produk buatan lokal. Dengan begitu, sebagai bagian dari kontribusi dalam menghidupkan perekonomian rakyat.

"Mari kita cintai produk lokal Indonesia. Karena produk lokal ini tak kalah dengan produk luar. Gerakan cinta produk lokal ini harus digencarkan. Di Jepang, pernah terdapat sebuah toko modern yang menjual barangnya dengan harga murah. Akan tetapi, toko tersebut tidak laku. Lalu kenapa?, karena warganya lebih mencintai produk lokal, sehingga memperkuat perekonomian negaranya,"terangnya.

Namun mendukung gerakan cinta produk lokal itu, ditegaskan Sutiaji dengan catatan. Catatan ini artinya produk lokal juga harus melakukan peningkatan kualitas dari produk UMKM yang dihasilkan. Sehingga dengan kualitas yang bagus, tentunya hal ini akan semakin mendukung kemajuan pelaku sektor UMKM dengan meningkatnya produktivitas.

"Pekerjaan Rumah (PR) bagi kita adalah bagaimana mampu mengkurasi standar UMKM agar bisa bersaing dipasar global. Jangan paksa beli produk lokal tapi kualitas jauh dibawah dengan produk luaran," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Cabang Malang Azka Subhan menambahkan, jika BI sebagai lembaga perekonomian turut mendorong peningkatan ekonomi sektor UMKM sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal.

Karenanya, dalam KKI 2021, pihaknya mengandeng 18 pelaku UMKM yang merupakan binaan dari BI guna memamerkan produk buatan lokal dalam KKI.

"Dalam KKI kita tampilkan produk-produk lokal berkualitas buatan para UMKM. Disini mereka yang datang merupakan undangan, sehingga kita harapkan geliat transaksi para pelaku UMKM diharapkan positif. KKI ini juga mengajak mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia serta bangga berwisata dengan hastag #DiIndonesiaAja," pungkasnya.

Topik
mencintai produk lokalWali Kota Malang SutiajiUMKMKota MalangAzka Subhan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru