Pisang Jenis Baru asal Kabupaten Malang Bakal Dilakukan Uji DNA

Mar 24, 2021 16:40
Para petani di Desa Srimulyo, Kabupaten Malang saat memanen pisang jenis baru yang diberi nama Pisang Mulyo ketika ditinjau oleh Gubernur Jawa Timur pada beberapa waktu lalu. (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)
Para petani di Desa Srimulyo, Kabupaten Malang saat memanen pisang jenis baru yang diberi nama Pisang Mulyo ketika ditinjau oleh Gubernur Jawa Timur pada beberapa waktu lalu. (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

MALANGTIMES- Pisang jenis baru yang ditemukan oleh para petani asal Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang bakal segera menjalani serangkaian penelitian lanjutan. Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang Budiar Anwar, serangkaian penelitian tersebut dilakukan guna memenuhi standar sertifikasi.

”Beberapa waktu lalu kami diundang rapat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov Jawa Timur), dan kita akan dibantu untuk sertifikasi temuan pisang jenis baru ini,” ungkapnya kepada MalangTIMES.com.

Dalam serangkaian uji sertifikasi tersebut, temuan pisang jenis baru yang diberi nama Pisang Mulyo oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa ini, bakal diawali dengan peninjauan lokasi guna meneliti pohon induknya.

Nantinya, pohon induk dari Pisang Mulyo ini juga akan dilakukan pengujian deoxyribonucleic acid (DNA). ”Syarat sertifikasi ada banyak, seperti misalnya uji DNA, kemudian cek lokasi, hingga penelitian pohon induk dan sebagainya,” ulasnya.

Menurutnya, serangkaian uji sertifikasi tersebut dilakukan guna memastikan jika pisang yang dibudidaya oleh petani asal Desa Srimulyo tersebut benar-benar temuan pisang jenis baru.

”Di Jatim bahkan diseluruh Indonesia mungkin belum ada yang sejenis itu, sempat ada yang mengatakan jika Pisang Mulyo ini bibitnya dari Amerika Latin dan sebagainya. Kami tidak tahu persis, karena itu akan dilakukan pengujian,” imbuhnya.

Budiar berharap, hasil dari uji sertifikasi terhadap Pisang Mulyo ini dapat membuktikan jika pisang yang membuat Gubernur Jatim terkesima ini, benar-benar pisang jenis baru. ”Jadi mudah-mudahan itu asli dari Kabupaten Malang, tidak ada ditempat lain. Tentunya kita patut bersyukur mempunyai pisang asli dari Kabupaten Malang yang unggul. Nantinya akan di sertifikasi oleh Kementan (Kementrian Pertania) di Jakarta,” ujarnya.

Sekedar diketahui, wacana uji sertifikasi terhadap pisang jenis baru ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jatim saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Malang pada akhir Februari lalu.

”Pisang jenis baru ini sempat dipamerkan saat sertijab Bupati dan Wakil Bupati Malang. Ternyata dari sekian komoditi yang ditampilkan, Ibu Gubernur tertarik dengan pisang yang panjangnya mencapai 1,5 meter tersebut. Makanya beberapa waktu lalu Gubernur langsung meninjau ke kebunnya,” pungkasnya.

Sekedar informasi, uji sertifikasi ini dilakukan guna mendongkrak pemasaran Pisang Mulyo. Dalam pernyataan yang dimuat pada pemberitaan sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto berharap, pisang mulyo ini bisa tersertifikasi agar segera bisa dipasarkan secara ekspor.

Topik
pisang mulyoBudiar AnwarDidik Gatot SubrotoKhofifah Indar Parawansa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru