Kelurahan Ngaglik Gelar Festival Batik dan Selametan Desa

Mar 24, 2021 16:16
Kelurahan Ngaglik, Kota Batu gelar acara Jagongan Ngaglik dengan "Festival Batik dan Selametan Desa". Acara tersebut berlangsung di Kelurahan Ngaglik, Rabu (24/3/2021) (foto:Mariano Gale/Jatim Times)
Kelurahan Ngaglik, Kota Batu gelar acara Jagongan Ngaglik dengan "Festival Batik dan Selametan Desa". Acara tersebut berlangsung di Kelurahan Ngaglik, Rabu (24/3/2021) (foto:Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES- Kelurahan Ngaglik, Kota Batu gelar acara Jagongan Ngaglik dengan "Festival Batik dan Selametan Desa". Acara tersebut berlangsung di Kelurahan Ngaglik, Rabu (24/3/2021).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Kepala Disparta Kota Batu, Arif As Siddiq, Lurah Ngaglik Edwin Yogaspatra Harahap serta stakeholder lainnya.

Lurah Ngaglik, Edwin Yogaspatra Harahap mengatakan, acara ini sebagai ujung tombak dalam proyek kampung Jawa di Ngaglik ini. Kampung Jawa nantinya akan ada berbagai produk-produk ekonomi kreatif dari warga Ngaglik. Seperti batik dan produk-produk kreatif lainnya.

"Kita akan membenahi dan menunjang pariwisata di Kota Batu. Maka kita akan adakan kampung Jawa di Ngaglik. Seperti produk batik dan ada pembelajaran bahasa Jawa. Kemudian ada dolanan anak setiap hari minggu, kampung ramah anak. Hal itu agar mengurangi penggunaan gadget," ujarnya.

Kepala Disparta Kota Batu, Arif As Siddiq, Dinas Pariwisata Kota Batu menambahkan, pihaknya memiliki program-program, terutama mengangkat potensi-potensi wisata di setiap Desa/Kelurahan di Kota Batu. Salah satunya di Kelurahan Ngaglik ini.

"Kami punya secara khusus, bagaimana Kelurahan Ngaglik ini menjadi pusat jujukan penghasil produk-produk ekonomi kreatif  dan juga layanan wisata edukasi. Khususnya memproduksi batik dan lainnya," ungkapnya.

Pihaknya juga telah melihat warga Ngaglik sangat luar biasa dalam proyek ini. "Kami mencoba memaksimalkan agar Kelurahan Ngaglik yang notabene tidak banyak memiliki destinasi alam ini, menjadi tawaran wisatawan untuk mendapatkan oleh-oleh produk kreatif," ujarnya.

"Terkait Kampung Jawa, nanti akan kita support dan kita sudah rancang untuk persiapan Kampung Jawa. Kita akan siapkan guru-guru bahas Jawa. Serta kita berikan sarana prasarana terkait itu. Agar tempat ini sebagai tempat jujukan untuk masyarakat yg ingin belajar bahasa jawa," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan. "Aturan terkait protokol kesehatan harus tetap dilakukan, agar tidak berdampak negatif. Acara ini adalah tahap awal yang bagus, tapi ada hal hal yang harus diperhatikan," ujarnya

"Kegiatan Kelurahan Ngaglik sangat bagus dan saya meminta secara kualitas perlu ditingkatkan supaya orang luar kota juga ikut hadir atau berkunjung," imbuhnya.

 

Topik
Berita BatuDewanti RumpokoKelurahan Ngaglikjagongan ngaglikArif as Sidiq

Berita Lainnya

Berita

Terbaru