Lewat KKI, BI Malang Dorong Pertumbuhan Sektor UMKM

Mar 24, 2021 16:03
Salah satu UMKM yang bergerak di bidang perekonomian pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 di Hotel Santika (24/3/2021)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Salah satu UMKM yang bergerak di bidang perekonomian pada kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 di Hotel Santika (24/3/2021)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Malang, perlahan mulai bergeliat. Hal ini setelah Bank Indonesia (BI) cabang Malang, mendorong tumbuhnya perekonomian, khususnya pada pelaku UMKM melalui kegiatan fisik terbatas, Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 di Hotel Santika, Rabu (24/3/2021).

"Ini upaya mendorong pemulihan ekonomi, khususnya UMKM. Dilakukan secara fisik terbatas, para pelaku UMKM yang terlibat juga hanya 18 UMKM yang merupakan binaan BI, mulai dari kuliner, batik maupun kopi," ungkap Kepala BI Cabang Malang Azka Subhan.

Lebih lanjut dijelaskan, jika para pengunjung yang datang merupakan orang-orang khusus. Dimana mereka merupakan undangan yang dijadwalkan secara bergantian. Mulai pukul 09.00 WIB sampai jam 11.00 WIB, pukul 11.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, jam 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, pukul 15.00 WIB pukul sampai pukul 17.00 WIB dan pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

"Undangan semua. Biar pelan-pelan ekonomi tumbuh, kita kan lembaga ekonomi yang mendorong tumbuhnya perekonomian. Dan sebelumnya hal seperti ini (kegiatan) juga sudah kita lakukan. Untuk kegiatan ini sendiri dilakukan hanya satu hari," jelasnya.

Dalam kegiatan sebelumnya di Hotel Tugu yang bertema sama, yakni untuk mendorong pertumbuhan perekonomian disektor UMKM, disampaikan Azka berjalan begitu positif. Geliat transaksi yang saat itu juga tak melibatkan banyak pelaku UMKM, tercatat cukup besar.

"Sekitar Rp 100 juta-an, kita juga kaget, padahal hanya tamu undangan, UMKM yang terlibat juga tak banyak. Karena itu, kami berharap kegiatan ini berjalan positif, artinya bisa mencapai target yang lalu bahkan melebihi Rp 100 juta," terangnya.

Tak hanya sekali, KKI dijelaskan Azka akan digelar setahun sebanyak tiga kali. KKI kali ini merupakan seri pertama. Seri selanjutnya akan kembali digelar hingga seri ketiga. Untuk seri kedua, direncanakan akan digelar bulan Juni, sedangkan untuk KKI seri ketiga, direncanakan akan digelar pada Agustus.

"KKI ini kan juga mengajak mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia serta bangga berwisatadengan hastag #DiIndonesiaAja.

Sementara itu, Walikota Malang Sutiaji mengapresiasi upaya BI dalam mendorong tumbuhnya perekonomian. Khususnya pada sektor UMKM dan selaras dengan program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Terlebih lagi juga mengajak untuk mencintai produk buatan Indonesia.

"Ke depan harapan kami akan lebih banyak UMKM yang terlibat. Jika hari ini 18 UMKM, kedepan bisa 180 UMKM yang terlibat sehingga semua bisa lebih merasakan kebermanfaatannya," pungkasnya.

Topik
UMKMKota MalangBI Cabang MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru