Pengurus IPI Kota Malang 2021-2024 Dikukuhkan, Ini Pesan Wali Kota Sutiaji

Mar 23, 2021 19:22
Wali Kota Malang Sutiaji saat mengukuhkan para pengurus IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kota Malang periode 2021-2024, Selasa (23/3/2021). (Foto: Humas Pemerintah Kota Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji saat mengukuhkan para pengurus IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kota Malang periode 2021-2024, Selasa (23/3/2021). (Foto: Humas Pemerintah Kota Malang)

MALANGTIMES - Pengurus IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kota Malang periode 2021-2024 telah dikukuhkan secara langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji. Pengukuhan pengurus IPI Kota Malang dilakukan di salah satu hotel yang berada di Kota Malang, Selasa (23/3/2021). 

Sutiaji yang hadir secara langsung menitipkan pesan kepada jajaran pengurus IPI Kota Malang yang baru untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan daya literasi masyarakat Kota Malang, serta mendorong pembudayaan gemar membaca di Kota Malang. 

"Saudara telah dikukuhkan menjadi salah satu pengurus kunci bagaimana literasi di Kota Malang kedepannya akan bagus. Saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Laksanakan amanah tersebut," ujarnya saat mengkukuhkan pengurus IPI Kota Malang yang baru. 

Lanjut Sutiaji, perihal yang dipesankan kepada jajaran pengurus IPI Kota Malang periode 2021-2024 sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Dalam amanat UU tersebut disebutkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat. 

Dalam kegiatan tersebut, Sutiaji juga menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia kepada enam lembaga perpustakaan di Kota Malang. 

Diantaranya, Perpustakaan SD Anak Saleh Malang, Perpustakaan SMPN 3 Malang, Perpustakaan SMPN 9 Malang, Perpustakaan SMPN 13 Malang, Perpustakaan SMK Telkom Malang dan Perpustakaan Universitas Negeri Malang. 

"Ini akan menjadi salah satu upaya dan usaha kita mendorong Malang menjadi Malang Smart City yang goalnya adalah mewujudkan Malang yang bermartabat," terangnya. 

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut Sutiaji juga ditunjuk menjadi keynote speaker dalam rangka agenda Seminar Kepustakawanan yang merupakan bagian dari program kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca di Tingkat Daerah Kabupaten/Kota yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang. 

Dalam acara tersebut juga tampak hadir Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispussipda Kota Malang Suwarjana, Pengurus IPI Kota Malang, kepala perpustakaan di tingkat sekolah hingga perguruan tinggi dan perpustakaan khusus Kota Malang. Disamping itu juga terdapat 500 pustakawan dari seluruh Indonesia yang mengikuti seminar kepustakawanan melalui online streaming. 

"Perpustakaan menjadi punggawa dan wahana mencerdaskan anak bangsa. Dengan kecerdasan otaknya, dengan kecerdasan intelektualnya, juga dibarengi dengan kecerdasan spiritualnya," pungkasnya.

Topik
ikatan pustakawan indonesiaipi kota malangWalikota Malangpengukuhan ipi kota malangberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru