Wujudkan Pusat Pelayanan Kesehatan Jantung, Pemkab Malang Tinjau Kesiapan RSUD Kanjuruhan

Mar 23, 2021 18:28
Bupati Malang Sanusi (pakai peci, masker putih) saat meninjau RSUD Kanjuruhan, Selasa (23/3/2021). (Foto: Istimewa)
Bupati Malang Sanusi (pakai peci, masker putih) saat meninjau RSUD Kanjuruhan, Selasa (23/3/2021). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang nampaknya semakin serius mewujudkan keberadaan rumah sakit (RS) khusus untuj pelayanan penyakit jantung. Terbukti, hari ini (Selasa 23/3/2021) Bupati Malang Sanusi beserta jajarannya melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan, yang diproyeksikan bakal dijadikan sebagai pusat pelayanan kesehatan jantung one stop service tersebut.

”Kunjungan pada hari ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut setelah adanya agenda pembahasan kerjasama, antara Pemkab Malang dengan rumah sakit Harapan Kita pada beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Sekedar informasi, Bupati Malang Sanusi beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten MalangWahyu Hidayat dan jajaranya, pada Selasa (16/3/2021) lalu telah melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita (RSJPDHK), yang ada di Jakarta.

Dalam kunjungannya, pejabat Pemkab Malang disambut langsung oleh Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Iwan Dakota beserta jajarannya. ”Dari hasil kunjungan pada beberapa waktu lalu itu, tercapai kesepakatan bahwa RSUD Kanjuruhan akan dijadikan rumah sakit jejaring dari RSJPDHK dalam sektor pelayanan kesehatan jantung,” jelas Sanusi.

Dalam kesepakatan tersebut, dijelaskan Sanusi, RSJPDHK bakal terlibat langsung dalam kesiapan penanganan penyakit jantung di RSUD Kanjuruhan tersebut. Termasuk soal kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) serta Sarana dan Prasarana (Sarpras) penunjangnya.

”Terkait dengan kesiapan SDM dan Sarpras-nya untuk pelayanan penyakit jantung di RSUD Kanjuruhan ini, akan dipenuhi oleh pihak RSJPDHK secara bertahap,” imbuhnya.

Pengadaan sarana dan prasarana penunjang tersebut, dijelaskan Sanusi, juga meliputi pembangunan gedung khusus. Nantinya pembangunan gedung tersebut bakal digunakan sebagai pusat pelayanan kesehatan jantung one stop service.

”Harapannya dengan adanya kerjasama ini, RSUD Kanjuruhan bisa turut serta dalam memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Malang. Khususnya disektor kesehatan dan pelayanan penyakit jantung,” jelasnya.

Sekedar informasi, dengan sejumlah pelayanan unggulan yang dimiliki, menjadikan RSJPDHK saat ini tercatat sebagai rumah sakit khusus yang dijadikan pusat rujukan untuk penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular.

Pelayanan yang diberikan oleh RSJPDHK ini diantaranya meliputi Intervensi Non Bedah, Aritmia, Bedah Jantung Dewasa, Bedah Jantung Anak, Vaskular, External Counter Pulsation (ECP), dan Pelayanan Paliatif.

Topik
rumah sakit jantungKabupaten MalangRSUD KanjuruhanBupati Malang SanusiWahyu Hidayat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru