UIN Malang Rapim 2021, Rektor: Tujuan Utama Teguhkan RIP dan Renstra

Mar 23, 2021 17:45
Rapim Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rapim Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang mengadakan Rapat Pimpinan (Rapim) 2021 yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan tingkat jurusan, fakultas hingga tingkat universitas. Rapim dengan tema Strategi Implementasi Program Strategis Mewujudkan Visi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini, merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya.

Rektor UIN MALIKI Malang Prof Abdul Haris menjelaskan, jika dalam Rapim didikusikan Rencana Induk Pengembangan (RIP) 2021-2025 dan juga Rencana Strategis (Renstra) 2021-2025.

"Ini merupakan forum yang memungkinkan ada semacam review, memang sudah ada di SK Rektor RIP dan Renstra tapi memungkinkan untuk itu (review). Semua itu akan dijadikan alat bantu pengembangan dari RIP. Kalau tidak seperti itu, kita tidak mendapat krirtik dari pimpinan yang ada," jelasnya.

Dari situ kemudian akan diturunkan pada program tahunan pada tahun 2022. Namun lebih lanjut dijelaskannya, jika target utama dari Rapim adalah meneguhkan RIP dan Renstra agar bisa diimplementasikan sesuai dengan keinginan bersama.

"Poin akhirnya adalah menjadikan UIN Malang sebuah kampus yang bereputasi internasional. Jadi melalui tahapan tadi, dibreakdown jadi prorgam tahunan," terangnya.

Target pengakuan dan reputasi internasional masih menjadi agenda kampus berlogo Ulul Albab ini. Sesuai logonya, ia ingin agar sivitas akademika benar-benar memiliki karakter tersebut.

"Ini tugas kita untuk merumuskan seperti apa karakter ulul albab yang harus dipahami di kampus ini," tegas Prof. Haris.

Renstra yang akan disusun, lanjut Haris, masih berkesinambungan dengan renstra tahun sebelumnya. Hal ini merupakan wujud konsistensi UIN Malang di dunia pendidikan agar dalam proses dalam pengembangan kampus tetap pada jalur yang direncanakan.

"Harus diperjelas dan direalisasikan agar tidak cuma sekedar tulisan misi kampus," jelasnya.

Dalam pengembangan kampus, tentunya juga mengarah pada kualitas lulusan yang tururt serta dalam membangun reputasi kampus kelas internasional. Kontribusi dimasyarakat menjadi salah satu indikator kejelasan peran dan kredibilitas perguruan tinggi.

"Hal itu juga tercantum di tujuan utama UIN Malang. Dengan memperjelas apa saja yang sudah dilakukan lulusan di tengah masyarakat, maka peran kampus menjadi makin jelas," paparnya.

Sementara itu, Rapim akan dilanjutkan kembali di hari berikutnya. Direncanakan, Rapim akan digelar mulai tanggal 23 Maret 2021 hingga 23 Maret 2021.

Topik
UIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru