Masuk Zona Kuning, Ratusan Pasien Covid-19 di Kabupaten Malang Sembuh Selama PPKM Mikro

Mar 22, 2021 20:25
Peta sebaran covid-19 di Kabupaten Malang periode 22 Maret 2021. (Foto: istimewa)
Peta sebaran covid-19 di Kabupaten Malang periode 22 Maret 2021. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menekan penyebaran dan penularan covid-19 mulai membuahkan hasil positif. Terbukti, merujuk pada data terbaru yang dihimpun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Kabupaten Malang saat ini telah masuk zona kuning. Dengan status tersebut, kenaikan kasus covid-19 di Kabupaten Malang masuk risiko rendah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menyebutkan, salah satu faktor yang menyebabkan Kabupaten Malang kini berstatus zona kuning -dari yang sebelumnya oranye- lantaran adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

”Adanya PPKM berskala mikro ini membuat tingkat kesadaran masyarakat perihal protokol kesehatan (prokes) meningkat. Dampaknya, PPKM yang diterapkan mulai tingkat RT (rukun tetangga) ini membuat kasus covid-19 di Kabupaten Malang mulai mengalami penurunan,” ungkapnya.

Sekadar informasi, PPKM berskala mikro ini telah memasuki perpanjangan selama tiga kali. PPKM mikro jilid III mulai diterapkan di Jatim termasuk di Kabupaten Malang sejak 9 Maret 2021 silam. Artinya, hingga hari ini (Senin 22/3/2021) PPKM mikro jilid III telah berlangsung selama dua pekan lamanya. 

Dalam kurun waktu tersebut, Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Aniswaty Aziz menyebut jumlah pasien covid-19 yang sembuh telah mengalami penambahan secara signifikan. Terbaru, pada hari ini ada 10 orang di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh. ”Sampai dengan saat ini, sudah ada 2.447 orang di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh dari covid-19,” ungkapnya.

Jika dihitung dalam kurun waktu dua pekan selama penerapan PPKM mikro jilid III, Aniswaty menyebut jumlah pasien yang sembuh dari covid-19 mengalami peningkatan hingga 169 kasus. ”Selama PPKM mikro ini, jumlah pasien yang sembuh lebih banyak jika dibandingkan dengan penambahan kasus positif covid-19,” ucapnya.

Lebih rinci, merujuk pada data yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, selama PPKM mikro jilid III berlangsung, jumlah penambahan kasus positif covid-19 mencapai 168 orang.

”Didominasinya jumlah pasien yang sembuh dibandingkan dengan penambahan kasus positif ini menjadi salah satu indikasi yang menyebabkan perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Malang kini masuk ke dalam zona kuning,” pungkasnya.

 

Topik
Covid di kabupaten malangRisiko rendahPemkab Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru