Sempat Minus Lantaran Pandemi Covid-19, Peningkatan Ekonomi Kota Batu Digenjot Kembali

Mar 22, 2021 15:50
Pemkot Batu gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa/Kelurahan dan tingkat Kecamatan, Pemerintah Kota Batu menggelar Musrenbang secara virtual, Senin (22/3/2021). (Foto istimewa)
Pemkot Batu gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa/Kelurahan dan tingkat Kecamatan, Pemerintah Kota Batu menggelar Musrenbang secara virtual, Senin (22/3/2021). (Foto istimewa)

BATUTIMES - Pemerintah Kota Batu kembali memfokuskan pada pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi di tahun 2022. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa/Kelurahan dan tingkat Kecamatan, Pemerintah Kota Batu menggelar Musrenbang secara virtual, Senin (22/3/2021).

"Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Batu Tahun 2022, difokuskan pada penanganan dan penguatan sektor sosial ekonomi, baik penanganan pandemi ataupun kebijakan sektoral," ujarnya.

Target sasaran makro ekonomi pembangunan Kota Batu tahun 2022 ditargetkan untuk pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5. Data tahun 2020, ekonomi Kota Batu ada pada angka minus 6,46 karena adanya pandemi Covid-19.

"Saya berharap penguatan dan percepatan belanja pemerintah dan juga belanja APBD dapat menjadi stimulus yang mampu mendorong percepatan pemulihan ekonomi," harapanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi mengatakan, jika perencanaan pembangunan yang dilakukan harus sejalan dengan program Pemerintah Provinsi dan Pusat agar ada harmonisasi yang baik.

"Rencana pembangunan harus memprioritaskan usulan masyarakat, selain itu harus ada harmonisasi program pusat dan daerah. Sehingga program pembangunan dan pelayanan bisa 
dilakukan dengan optimal," ujarnya.

Diketahui, untuk tahun 2022, RKPD yang sudah terinput dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebanyak 185 program, 500 program, 1.610 sub-kegiatan dengan 47 Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Topik
Kota BatuDewanti Rumpokopemulihan ekonomiBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru