Proses Verifikasi Lapangan, Wali Kota Sutiaji Optimis Kota Malang Raih Penghargaan APE 2020

Mar 22, 2021 15:33
Saat berlangsungnya acara Verifikasi Lapangan Penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPPA RI di Ngalam Command Center, Senin (22/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Saat berlangsungnya acara Verifikasi Lapangan Penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPPA RI di Ngalam Command Center, Senin (22/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Proses verifikasi lapangan telah dilakukan oleh tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI terhadap Pemerintah Kota Malang untuk penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020. 

Dalam acara verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 tersebut, dihadiri oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Malang Hadi Santoso, Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Widayati Sutiaji dan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang juga hadir secara langsung. 

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPPA RI merupakan salah satu bentuk pembuktian bahwa Kota Malang peduli terhadap gender. 

Lanjut Sutiaji bahwa isu gender tidak hanya keberpihakan terhadap perempuan, tapi kepada semuanya untuk bersama-sama berkolaborasi agar komitmen Pengarus Utamaan Gender (PUG) dapat terselenggara dengan baik. 

"Ya namanya anugerah ya kita (harapkan, red) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Senin (22/3/2021). 

Orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang ini juga mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPPA RI, telah melakukan kolaborasi yang menghadirkan beberapa OPD yang hadir secara langsung di NCC (Ngalam Command Center) maupun secara online melalui zoom. 

"Maka dari itu semua OPD harus hadir. Termasuk dari perguruan tinggi, mentor, komunitas harus hadir. Komitmen kita itu sudah tinggi dan saat ini kan sudah masuk pada Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah, red)," ujarnya.

Dikatakan Sutiaji bahwa dari beberapa pihak yang hadir juga langsung ditanya oleh tim dari Kementerian PPPA RI yakni Yusuf Supiandi terkait Penghargaan APE 2020

"Tadi satu-satu, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Bapenda, Inspektorat, BKAD, Diskopindag, ditanya satu-satu terkait komitmen pada gender tersebut," terangnya. 

Disinggung mengenai indikator Kota Malang untuk mendapatkan penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPPA RI, Sutiaji pun menegaskan bahwa Pemerintah Kota Malang berkomitmen terkait Pengarus Utamaan Gender (PUG). 

"Kita secara komitmen, baik dari pemerintah, komitmen di bidang regulasi kita sudah. Dan kalau masalah gender kita mempunyai di misi yang ketiga itu jelas. Misi yang ketiga itu berkaitan dengan masalah gender dan masyarakat rentan," pungkasnya.

Topik
isu genderKota MalangAPE 2020Wali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru