Viral Video Jaksa Sidang Habib Rizieq Disuap, Terduga Penyebar Hoax Berhasil Ditangkap

Mar 22, 2021 13:41
Habib Rizieq (Foto: JPNN)
Habib Rizieq (Foto: JPNN)

INDONESIATIMES - Jagad maya sempat digegerkan dengan video yang diklaim sebagai penangkapan oknum jaksa yang menerima suap terkait sidang kasus mantan Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq

Video beredar di Twitter dan YouTube hingga menjadi viral pada Sabtu (20/3/2021) lalu.  

Dalam video itu, tampak tayangan yang menyerupai berita operasi tangkap tangan. Lalu ada juga cuplikan wawancara dengan seorang narasumber.  

"Terbongkar pengakuan seorang jaksa yang mengaku menerima suap kasus sidang habib Rizieq Shihab. Innalillah.. semakin hancur wajah hukum Indonesia.." begitu bunyi kutipan wawancara di video tersebut.

Namun, pada detik ke-48, tayangan itu lalu berganti wawancara pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar. Dalam video itu, Aziz menceritakan proses Habib Rizieq terkait sidang virtual tersebut.  

Video itu pun langsung dibantah oleh pihak Rizieq. Mereka memastikan jika video yang beredar tidak benar alias hoax.  

"Sepertinya kami kuasa HRS tidak perlu menanggapi, kami menduga  video hoax itu disebar karena masyarakat dan umat sudah muak dan kecewa dengan sikap jaksa yang sudah memaksakan kehendak bersidang terhadap HRS," kata kuasa hukum Habib Rizieq, Ichwan Tuankotta.  

Ichwan melihat video yang disebar itu adalah akumulasi kebencian umat kepada sikap jaksa. Ia menduga jaksa tidak berlaku adil dan mengangkangi hukum pada sidang Habib Rizieq kemarin.

Bantahan dari Kejaksaan Agung (Kejagung)  

Pihak Kejagung juga memberi bantahan terkait beredarnya video tersebut.  

Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak melalui keterangannya menegaskan, video pengakuan jaksa itu terjadi pada 2016 silam yang merupakan hasil dari operasi tim Saber Pungli.

"Bahwa video penangkapan seorang oknum Jaksa oleh Tim Saber Pungli Kejaksaan Agung adalah peristiwa yang terjadi pada bulan November tahun 2016 yang lalu dan bukan merupakan pengakuan Jaksa yang menerima suap kasus sidang Habib Rizieq Sihab. Bahwa penangkapan oknum Jaksa AF di Jawa Timur tersebut terkait dengan pemberian suap dalam penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi Penjualan Tanah Kas Desa di Desa Kali Mok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Jawa Timur," demikian keterangan Leonard.  

Adapun jaksa tersebut ialah Yulianto yang kala itu Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi pada Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus.

Terduga pelaku penyebar hoax ditangkap

Tim gabungan dari kepolisian dan kejaksaan berhasil menangkap terduga pelaku penyebar hoax video tersebut. Ia merupakan pemuda berinisial F.  

F ditangkap di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel). "Tadi itu (pelaku) diambil ke kantor jam setengah tujuh pagi," kata Kajari Takalar Salahuddin dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Salahuddin mengatakan, jika tim gabungan Intel Kejari Takalar, Intel Kejato Sulsel dan aparat Polres Takalar meringkus terduga pelaku di rumahnya, Senin (22/3/2021). F langsung dibawa ke Kejati Sulsel untuk dimintai keterangan lebih lanjut.  

Dalam penangkapan ini, petugas menyita sebuah ponsel yang diduga sebagai alat membuat dan menyebarkan hoax.

 

 

Topik
video hoaxHabib Rizieq ShihabKejaksaan Agung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru