Waduh, Seorang Wanita Menangis Darah saat Menstruasi, Kok Bisa?

Mar 22, 2021 08:00
Ilustrasi (Foto: WebMD)
Ilustrasi (Foto: WebMD)

INDONESIATIMES - Seorang wanita asal Chandigarh, India mengalami kondisi aneh. Pasalnya, ia mengeluarkan air mata darah saat sedang haid atau menstruasi.  

Tak ayal, kondisi itu langsung bikin geger. Lantaran dokter di sebuah rumah sakit pada awalnya tak percaya dengan kondisi wanita tersebut.  

Melansir melalui Outlook India wanita yang tak disebutkan namanya itu mengeluhkan kondisinya selama 2 bulan ini. Ia mengatakan jika saat menangis darah, dirinya tak bisa merasakan sakit atau rasa tidak nyaman.  

Kemudian, para dokter di sana melakukan berbagai tes dan investigasi. Dokter lantas menyadari jika wanita 25 tahun itu menangis mengeluarkan darah saat menstruasi.  

Para dokter mendiagnosa wanita itu memiliki kondisi dengan nama medis "ocular vicarious menstruation". Hal itu merupakan kondisi langka yang digambarkan sebagai pendarahan siklis yang terjadi selama menstruasi dari organ ekstragenital. Kondisi seperti itu biasanya terjadi pendarahan pada hidung, dan sangat jarang terjadi di mata.  

Sehingga bisa dibilang jika kondisi wanita itu sangatlah langka. Penyebab di balik kondisi langka ini belum diketahui pasti. Kendati demikian, para ahli menduga jika endometriosis atau adanya jaringan endometrium di organ ekstragenital bisa menjadi faktor penyebab terjadinya pendarahan di area lain.  

Hingga akhirnya para dokter memberi resep kepada wanita itu dengan beberapa kontrasepsi oral yang mengandung kombinasi estrogen dan progesteron. Wanita itu pun lantas mengonsumsinya selama 3 bulan dan tidak lagi mengalami air mata darah.

Topik
air mata darahIndia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru