Senam Sehat Pedagang Pasar Kota Malang Wujudkan Pasar Rakyat Sehat

Mar 21, 2021 12:36
Potret pedagang Pasar Kasin melakukan senam sehat di area pasar. (Foto: screen capture video istimewa).
Potret pedagang Pasar Kasin melakukan senam sehat di area pasar. (Foto: screen capture video istimewa).

MALANGTIMES - Mewujudkan lingkungan pasar rakyat yang sehat tak hanya dengan diberikan fasilitas yang mumpuni saja. Namun, juga ditunjang dengan kondisi pengunjung pasar itu sendiri untuk tetap sehat.

Salah satunya, yang terpotret di Pasar Kasin Kota Malang. Para pedagang pasar dengan kompak dan lincahnya melakukan senam sehat di sela-sela lapak mereka. Dengan berpakaian olahraga, pedagang berlenggak-lenggok menggerakkan gerakan senam mengikuti irama musik.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, sarana prasarana dan fasilitas penunjang di pasar rakyat memang diberikan guna menunjang kenyamanan dan lingkungan pasar yang lebih sehat. Hal tersebut, menjadi bagian penting program penataan pasar rakyat di Kota Malang yang satu per satu direvitalisasi untuk menjadi pasar sehat.

"Ini menjadi fokus kami, dan lebih kita tumbuhkan pada penganggaran yang bersumber pada APBD Kota Malang maupun yang bersumber pada APBN," katanya.

Sehingga, menurut Sutiaji, kesan pasar rakyat yang dianggap kumuh dan sempit perlahan akan memudar di masyarakat. Apalagi, banyaknya masyarakat Kota Malang yang tetap memanfaatkan pasar sebagai aktivitas berbelanja kebutuhan harian. Dengan terus dilakukan upgrading, bukan tidak mungkin pasar rakyat akan mendapat kunjungan pula dari tamu-tamu luar kota.

"Yang selama ini pasar rakyat terkesan kumuh dan lorong-lorongnya kelihatan kusam serta sempit, pelan tapi pasti kita upgrade. Dan memang harus dilakukan karena fakta warga sekitar masih banyak yang berbelanja harian di pasar rakyat. Bahkan karena sudah tertata baik, meski jauh juga akan diminati untuk didatangi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Muhamad Sailendra mengatakan, konsep pasar sehat di Kota Malang bakal terus ditingkatkan. Tidak hanya secara lingkungan, tapi juga kepada pelaku pasar.

Salah satunya, dengan menerapka program senam sehat pedagang pasar yang digaungkan mulai Maret 2021 ini. "Pak Wali menekankan konsep pasar sehat itu selain secara fisik juga pada pelaku pasarnya. Ini kita mulai budayakan senam sehat pedagang di Pasar Kasin. Dan terus akan berlanjut, sekaligus ini bagian dari meningkatkan imun di masa pandemi," paparnya.

Model-model gaya sehat pedagang pasar, katanya, juga akan terus dioptimalkan di semua pasar rakyat di Kota Malang. Sehingga, aktivitas para pedagang dan pengunjung juga lebih nyaman.

"Ya tentu setelah direvitalisasi, sehingga memberikan kelonggaran aktivitas," tandasnya.

Topik
senam sehatsenam sehat pedagangPasar Rakyat Sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru