Kolaborasi Lewat M.I.A, Jackson Wang Ceritakan Pengalaman di Balik Layar Bareng Afgan

Mar 21, 2021 09:58
Kolase Afgan dengan Jackson Wang. (Foto: Dok. Trinity Optima Production) 
Kolase Afgan dengan Jackson Wang. (Foto: Dok. Trinity Optima Production) 

INDONESIATIMES - Musisi kenamaan Indonesia yakni Afgansyah Reza atau yang akrab disapa Afgan kembali merilis lagu terbaru berjudul "M.I.A" dengan berkolaborasi musiai Jackson Wang

Hal itu merupakan terobosan global kedua terbarunya bersama EMPIRE, sebuah label ikonis Amerika Serikat yang menaungi beberapa musisi dunia seperti Iggy Azalea, Snoop Dogg, Adam Lambert, Tyga, Robin Thicke, hingga Busta Rhymes, yang juga bekerja sama dengan Trinity Optima Production. 

Afgan pun berkolaborasi dengan Jackson Wang yang merupakan kawan sekaligus idola dari Afgan. Berkolaborasi dengan Jackson Wang merupakan salah satu mimpi dari Afgan yang menjadi kenyataan. 

"Aku adalah penggemar berat Jackson Wang dan dia menginspirasiku untuk berkembang. Semua bermula saat kami bertemu di belakang panggung di sebuah acara di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2019. Kami berdiskusi tentang kemungkinan untuk bekerja sama," ungkapnya dalam pers rilis yang diterima MalangTIMES.com, Minggu (21/3/2021). 

Hasil kolaborasi dari Afgan dengan Jackson Wang yang merupakan dua musisi lintas negara ini mengusung beat RnB dan subtle trap dengan nuansa noughties serta tempo yang lambat dalam lagu bertajuk "M.I.A". 

Jackson Wang pun merasa senang dapat berkolaborasi dengan Afgan pada lagu "M.I.A". Pembicaraan melalui telepon yang menghasilkan sajian karya musik yang dapat dinikmati oleh seluruh pendengar musik. 

Sementara itu, dalam proses rekaman lagu "M.I.A" Afgan melakukannya di Studio EMPIRE, Amerika Serikat serta proses rekaman pun dilakukan secara terpisah dengan Jackson Wang.

Lagu "M.I.A" yang ditulis oleh Benny Mayne dan Emily Vaughn dan di produseri oleh Tha Aristocrats bercerita mengenai keyakinan seseorang untuk tidak akan pergi dsri sosok yang ia cintai dan akan tetap berada disisinya. 

"Tidak ada cerita personal di balik 'M.I.A'. Tapi, proses pembuatan lagu ini sangat menyenangkan dan menjadi bagian besar dari eksplorasiku di album mendatang. Kita bisa menari saat mendengarkan lagu ini dan aku pikir, dunia membutuhkan lebih banyak lagu seperti ini," jelasnya. 

Ternyata dikatakan Afgan bahwa syuting untuk pembuatan video klip "M.I.A" juga dilakukan secara terpisah. Dia pun merasa senang dan bersyukur Jackson Wang dapat meluangkan waktunya ditengah jadwal kesibukan yang padat. 

"Aku bersyukur Jackson meluangkan waktu dari jadwalnya yang padat untuk berpartisipasi dalam video musik garapan Shadtoto Prasetio ini. Aku harap 'M.I.A' membuat orang-orang merasa senang saat mendengarkannya. Karena bagiku, itulah arti musik yang sebenarnya," ujarnya. 

Lebih lanjut, menurut Jackson Wang bahwa memang awal mulanya dirinya berbicara musik melalui telepon. Namun menurutnya jika berkolaborasi akan lebih seru dan akhirnya terealisasi kolaborasi dua musisi lintas negara ini.

"Afgan adalah artis yang hebat, dia keren. Setelah mendengar versi final 'M.I.A', aku pikir lagunya sempurna dan smooth. Semua orang harus mendengarkan lagu ini," ucapnya. 

Sebagai informasi bahwa seorang Afgansyah Reza yang hidup bersama karya-karya dari Stevie Wonder, Whitney Houston dan Brian McKnight sejak kecil memantapkan dironya sebagai salah satu bintang terbesar di Indonesia sejak debut albumnya bertajuk "Confession No. 1" yang dirilis pada Bulan Januari 2008. 

Selama berkarir di belantika musik Indonesia, Afgan telah berhasil meraih kurang lebih 60 penghargaan didunia musik dan memiliki lebih dari 17 juta pengikut di media sosial. Selain itu, Afgam juga telah meraup lebih dari 100 juta streaming di Spotify.

Selain itu, sebelum datangnya pandemi Covid-19, Afgam juga telah sukses menggelar konser di beberapa kota yang ada di Indonesia dan di sejumlah negara yang ada di Asia dengan tiket konser yang selalu terjual habis. 

Setelah diakui di Indonesia bahkan di Asia dengan karya-karyanya, Afgan pun telah siap di tahun 2021 dengan melebarkan sayap dengan berkarya secara global.

Topik
Afgansyah RezaJackson Wangstudio EMPIREkolaborasi Afgan JacksonGot 7dunia musik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru