Cegah Kerumunan Lansia, Vaksinasi Gunakan Aplikasi Halodoc

Mar 20, 2021 18:25
Salah satu perwakilan dari Tim Halodoc yakni Theresia Novi ketika ditemui MalangTIMES.com usai melakukan pengecekan lokasi vaksinasi drive thru, Sabtu (20/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Salah satu perwakilan dari Tim Halodoc yakni Theresia Novi ketika ditemui MalangTIMES.com usai melakukan pengecekan lokasi vaksinasi drive thru, Sabtu (20/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Untuk mencegah kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi drive thru, masyarakat dalam kategori lansia (lanjut usia) dapat menggunakan aplikasi di Halodoc yang merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang. 

Perwakilan dari Halodoc yang juga hadir dalam pengecekan lokasi vaksinasi drive thru di Kota Malang yakni Theresia Novi mengatakan bahwa aplikasi dari Halodoc sudah siap untuk melaksanakan proses vaksinasi drive thru di Kota Malang. 

"Aplikasi kami sudah siap. Kami ingin mencegah kerumunan, jadi kita bisa mengatur lewat aplikasi Halodoc. Mulai pemilihan hari, tanggal dan waktu yang ada di aplikasi Halodoc," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (20/3/2021). 

Theresia menuturkan bahwa penggunaan aplikasi Halodoc digunakan untuk mencegah adanya antrean yang dapat menyebabkan banyaknya kerumunan meskipun vaksinasi sudah digelar secara drive thru.  

"Pendaftaran di aplikasi itu nanti di sana bisa langsung pilih hari, tanggal dan jamnya. Karena sloting waktunya nanti bisa tepat ya dan untuk menjaga prokes (protokol kesehatan, red)," terangnya. 

Lebih lanjut Theresia mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan jaminan bahwa sistem dari aplikasi Halodoc tidak akan terjadi error. Mulai saat pendaftaran hingga penggunaan aplikasi agar tetap terlaksana dengan lancar. 

"Kita jamin nggak ada (aplikasi, red) blank. Jadi kita memang sudah siap, aplikasi Halodoc juga sudah dipakai secara nasional," ujarnya. 

Untuk lebih memudahkan saat pelaksanaan vaksinasi drive thru, Theresia mengatakan bahwa para lansia yang sudah mendaftar melalui aplikasi Halodoc nantinya akan mendapatkan bukti registrasi. Bukti resgistrasi tersebut yang nantinya ditunjukkan saat pendaftaran awal vaksinasi drive thru. 

Lalu terkait pengerahan petugas dari tim Halodoc untuk proses vaksinasi drive thru, disampaikan Theresia bahwa pihaknya akan menyesuaikan dengan jumlah vaksin yang tersedia dalam satu hari pelaksanaan vaksinasi drive thru. 

"Kita akan menyediakan tim operasional lapangan. Kita akan sesuaikan nanti, sesuai jatah vaksin per hari berapa gitu," ujarnya. 

Sementara itu, dikatakan Theresia bahwa aplikasi Halodoc sudah digunakan oleh masyarakat seluruh Indonesia untuk pelaksanaan vaksinasi drive thru. Salah satunya yakni di Kota Malang. 

"Kita ada di Jakarta, lalu Bogor juga sudah. Seperti yang kemarin itu ditinjau oleh Pak Jokowi," pungkasnya.

Topik
vaksinasi kota malangVaksin Covid 19vaksinasi lansia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru