Vaksinasi Bagi Lansia Gunakan Sistem Drive Thru, Dinkes Kota Malang Lakukan Survei Lokasi

Mar 20, 2021 18:10
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Maarif (kiri) saat meninjau lokasi di Jalan Gajahmada yang akan digunakan sebagai tempat vaksinasi drive thru, Sabtu (20/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Maarif (kiri) saat meninjau lokasi di Jalan Gajahmada yang akan digunakan sebagai tempat vaksinasi drive thru, Sabtu (20/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Proses vaksinasi bagi masyarakat yang dikategorikan sebagai lansia (lanjut usia) akan menggunakan layanan drive thru secara perdana pada tanggal 1 April 2021 yang bertepatan pada HUT (Hari Ulang Tahun) Kota Malang ke-107 tahun. 

Untuk tahapan persiapan vaksinasi drive thru tersebut, tim dari Dinas Kesehatan Kota Malang bersama tim perwakilan Halodoc melakukan pengecekan lokasi di Jalan Gajahmada, Kota Malang atau yang berada di samping Balai Kota Malang hingga Jalan Sultan Agung, Kota Malang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Maarif mengatakan bahwa titik lokasi yang berada di Jalan Gajahmada akan digunakan sebagai tempat registrasi dan tempat skrining. 

"Kemudian di pertigaan Jalan Sultan Agung sini digunakan sebagai titik vaksinasinya. Terakhir di sepanjang Jalan Sultan Agung ini untuk titik observasi," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (20/3/2021). 

Lanjut Husnul bahwa penempatan tersebut merupakan hasil dari tahapan-tahapan pemetaan dari Dinkes Kota Malang dan Halodoc untuk vaksinasi drive thru yang akan digunakan secara perdana bagi masyarakat dengan kategori lansia. 

Husnul pun mengungkapkan bahwa saat pelaksanaan vaksinasi drive thru akan dilakukan penutupan sementara di ruas Jalan Sultan Agung. Tapi meskipun ditutup sementara, ruas jalan tersebut dapat dilintasi searah oleh lansia yang akan divaksin. 

Terkait penutupan sementara tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Malang dan Dinas Perhubungan Kota Malang. 

"Jadi dikoordinasikan dengan Satpol PP dan Dishub. Nanti ini tidak ada yang masuk sudah. Jadi di sana yang menuju stasiun sudah ditutup," ujarnya. 

Nantinya, bagi lansia yang setelah melakukan vaksinasi dan menjalani observasi di Jalan Sultan Agung langsung bisa keluar dari kawasan vaksinasi drive thru melalui arah Jalan Kertanegara hingga menuju arah Tugu Kota Malang. 

"Nanti setelah divaksin dan observasi selesai, keluarnya ke arah tugu situ," imbuhnya. 

Sementara itu, Husnul menjelaskan bahwa sistem pelaksanaan vaksinasi drive thru di Kota Malang nantinya pengendara tidak perlu turun dari kendaraan roda dua maupun roda empat yang nantinya dikendarai para lansia. 

"Nantinya pelaksanaan dari setiap tahap bisa dilakukan langsung di atas kendaraan roda dua dan empat ya. Jadi sasarannya nanti tidak keluar dari mobil. Pemeriksaannya juga di dalam mobil, termasuk vaksinasi dan observasinya. Jadi harus steril," jelasnya. 

Untuk pelaksanaan vaksinasinya sendiri dikatakan Husnul bahwa akan digelar empat jam dalam satu hari. Waktu pelaksanaannya juga akan menyesuaikan di setiap proses vaksinasinya. 

Sedangkan untuk pencegahan cuaca tidak mendukung seperti hujan, Husnul menuturkan bahwa dari Dinas Kesehatan Kota Malang akan mempersiapan perlengkapan seperti tenda di beberapa titik yang sudah ditentukan. 

"Itu drive thru kan ya, jadi sudah di dalam mobil. Masing-masing titik juga kita siapkan tenda ya untuk para petugas juga. Mulai di meja pendaftaran, skrining, vaksinasi dan observasi," pungkasnya.

Topik
Vaksin Covid 19vaksin sinovacvaksinasi covid 19 kota malangDinas Kesehatan kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru