Beredar di Whatsapp, Foto Surat Permohonan Maaf WR 1 UIN Malang ke Prof Imam Suprayogo

Mar 19, 2021 19:28
Foto surat permohonan maaf yang ditandatangani atas nama Zainudin dan ditujukan kepada Prof Dr H Imam Suprayogo (Ist)
Foto surat permohonan maaf yang ditandatangani atas nama Zainudin dan ditujukan kepada Prof Dr H Imam Suprayogo (Ist)

MALANGTIMES - Baru-baru ini, banyak beredar di media sosial WhatsApp, sebuah foto yang mengabadikan lembaran surat tertulis tangan dan ditandatangani oleh M Zainuddin sesuai dalam surat pada tanggal 30 November 2016. Dalam surat tersebut tertulis perihal permohonan maaf.

Surat tersebut ditujukan kepada Prof Drs H Imam Suprayogo yang merupakan Guru Besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang. Isi dalam foto surat yang beredar itu, bergaris besar permohonan maaf dari M Zainuddin kepada Prof Dr H Imam Suprayogo terkait karya tulis.

Lebih detail dalam surat itu, jika karya tulis yang diterbitkan dari M Zainuddin berjudul "Paradigma Pendidikan Terpadu: Menyiapkan Generasi Ulul Albab", terdapat naskah yang dimasukkan bersumber dari karya tulis Prof Dr H Imam Suprayogo tanpa disertai dengan pencantuman nama Prof Dr H Imam Suprayogo dalam daftar pustaka.

Dari situ, sesuai alur surat yang terabadikan dalam foto, kemudian pihak Zainuddin mengakui atas tidak mencantumkannya nama Prof Dr H Imam Suprayogo dalam daftar pustaka, sehingga ia kemudian meminta maaf atas kesalahan-kesalahan tersebut. Dalam surat tersebut, juga terlihat telah dibubuhi materai 6000 dan tertempel arsip pada 23 April 2018.

Perihal beredarnya surat permohonan maaf itu, MalangTIMES kemudian mencoba mengkonfirmasi Zainuddin yang kini diketahui merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UIN MALIKI Malang.

Dihubungi melalui pesan WhatsApp untuk mengkonfirmasi kebenaran surat tersebut dibuat oleh WR I UIN Malang itu, MalangTIMES kemudian mengirimkan pesan konfirmasi pada pukul 14.37 WIB kebenaran surat itu dibuat oleh Zainuddin.

Namun hingga pukul 19.10 WIB, yang bersangkutan masih tak kunjung merespon pesan yang dikirimkan oleh MalangTIMES. Kendati yang bersangkutan sebelumnya sempat terlihat online atau aktif menggunakan WhatsApp. Begitupun ketika ditelepon melalui sambungan seluler, lagi-lagi  juga tidak terdapat respon jawaban dari yang bersangkutan kendati terdengar nada telepon tersambung.

Seperti diketahui, jika kasus plagiasi yang melibatkan Zainuddin saat itu sempat ramai menjadi pembicaraan pada 2018 lalu. Bahkan saat itu, kasusnya hingga bergulir hingga pelaporan ke pihak berwajib.

Sementara itu, berikut isi surat seperti halnya gambaran dalam foto yang beredar :

Nomor

Perihal : permohonan maaf

Kepada yth.

Bapak Prof Dr H imam suprayogo

Guru Besar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dengan hormat, salam sejahtera semoga bapak selalu dalam Rahmat lindungan Allah SWT

Selanjutnya, sehubungan dengan karya tulis ilmiah yang saya terbitkan berjudul: Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab yang diterbitkan oleh UIN malang Press cet I/April 2008, cet II/September 2010 dan edisi seri integritas sains dan islam cet III /2013, saya telah memasukkan naskah bapak pada bab V dalam buku tersebut tanpa mencantumkan nama bapak dalam daftar pustaka.

Oleh karena itu, atas tindakan sebagaimana yang telah saya lakukan itu saya memohon maaf kepada Bapak atas kesalahan ini.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat dan sampaikan sudi kiranya bapak memberikan maaf atas kesalahan ini dan atas perkenan bapak sy haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Malang, 30 Nop 2016,

Hormat saya

(Tandatangan)

M Zainuddin

 

 

 

Topik
whatsapp waProf Imam SuprayogoDr M Zainuddin MA

Berita Lainnya

Berita

Terbaru