Pemerintah Bakal Manfaatkan Dry Ice Untuk Mengkilapkan Temuan Pisang Jenis Baru di Malang

Mar 19, 2021 19:14
Pisang jenis baru asal Kabupaten Malang yang diberi nama Pisang Mulyo saat ditinjau oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)
Pisang jenis baru asal Kabupaten Malang yang diberi nama Pisang Mulyo saat ditinjau oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)

MALANGTIMES - Beragam upaya telah disiapkan pemerintah guna mempermak tampilan temuan buah pisang jenis baru, yang diberi nama Pisang Mulyo. Salah satu metode yang disiapkan adalah membuat tampilan pisang yang identik berwarna hijau tersebut, menjadi lebih mengkilap.

”Itu kan banyak cara untuk menjadikan pisang jenis baru ini menjadi mengkilap, salah satunya dengan menggunakan teknik dry ice,” ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang Budiar Anwar saat ditemui MalangTIMES.com di Anusapati, Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (19/3/2021).

Menurutnya, teknik menggunakan dry ice untuk mengkilapkan buah tersebut, sejatinya bukanlah teknik baru. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dan beberapa daerah lainnya, juga menerapkan teknik semacam ini untuk mempermak tampilan buah-buahan. Salah satunya untuk mengkilapkan tampilan buah kesemek.

”Seperti misalnya buah kesemek, itukan supaya mengkilap dikasi dry ice. Dry ice itu (gas karbon dioksida yang dipadatkan, red) yang kalau terkena air bisa keluar asapnya, itu kan juga bisa dibuat untuk menjadikan buah menjadi mengkilat,” jelasnya.

Budiar memastikan, meski bisa mengubah tampilan menjadi lebih mengkilat, namun kualitas buah baik itu dari segi rasa maupun kandungannya tetap terjaga dan aman untuk dikonsumsi.

”Tidak berpengaruh ke kualitas pisang. Misalnya kalau kesemek itukan tampilannya jelek, bertepung, tapi kalau menggunakan dry ice (tampilannya, red) menjadi seperti buah apel, mengkilap,” tegasnya.

Dengan begitu, Budiar optimis harga pisang jenis baru tersebut bisa lebih mahal di pasaran. ”Pastinya kalau mengkilat bisa menaikkan harga, karena tampilannya keren (bagus, red),” pungkasnya.

Sekedar tambahan, wacana mempermak tampilan pisang jenis baru yang ditemukan oleh petani di Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang ini agar menjadi lebih mengkilat, disampaikan pertama kali oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto.

Dalam pernyataannya yang telah dimuat pada pemberitaan sebelumnya, Didik beranggapan jika tampilannya mengkilat maka penjualan Pisang Mulyo akan bisa bersaing dengan jenis pisang lainnya. Seperti pisang jenis lavendis dan Pisang Cavendish atau yang sering disebut pisang ambon.

 

Topik
pisang mulyopisang kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru