Pemkab Malang Imbau Pegawainya Bawa Vas Bunga ke Kantor, ini Tujuannya

Mar 19, 2021 18:58
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (paling kanan) saat aktif melakukan peninjauan ke sejumlah OPD yang ada di lingkungan Pemkab Malang. (Foto: Istimewa)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (paling kanan) saat aktif melakukan peninjauan ke sejumlah OPD yang ada di lingkungan Pemkab Malang. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto meminta kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Salah satunya dengan memberikan fasilitas dan dekorasi ruang pelayanan yang memadai.

”Ruangan pelayanan yang banyak ibu-ibunya tidak terkecuali bapak-bapaknya, agar di masing-masing ruangannya diberi pigura bergambar bunga, ada gambar bangunan, hingga pemandangan. Ayo dijadikan suasana kantor kita menjadi nyaman,” pintanya saat saat memberikan sambutannya ketika menghadiri agenda senam bersama dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, Jumat (19/3/2021).

Khusus perihal dekorasi ruang pelayanan tersebut, Didik menyebut tidak selalu memerlukan adanya penganggaran khusus. Sebab, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini beranggapan, jika perihal dekorasi tersebut juga bisa dilakukan secara swadaya.

”Saya minta dengan sangat dan hormat, kalau misalnya ibu-ibu semuanya ada vas bunga yang masih baik dan sekiranya sudah tidak terpakai di rumah, silahkan dibawa saja ke kantor untuk ditaruh di ruangan depan meja,” imbaunya.

Menurutnya, langkah tersebut perlu dilakukan untuk mendukung terwujudnya zona integritas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Oleh karenanya, selain dekorasi, Didik juga meminta agar petugas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, untuk senantiasa bersikap ramah.

”Khususnya dibidang pelayanan. Mari mulai hari ini kita mulai merubah tata prilaku. Kalau ada tamu yang datang, jangan lupa mengucapkan salam dan melayani dengan sepenuh hati,” ulasnya.

Dengan demikian, masyarakat bisa menilai jika memang Pemkab Malang telah berkomitmen untuk mewujudkan zona integritas, yang sudah mulai dicanangkan pada akhir tahun 2020 silam. 

”Bagaimana bentuk pelayanan yang telah kita berikan ini, membuat warga masyarakat bisa menilainya. Tolong ini disampaikan kepada Kabid, Kasi, Kasubag agar ini segera bisa dilakukan di masing-masing satuan dinas. Ini adalah perintah saya, Bapak Wakil Bupati Malang,” jelasnya.

Guna mengevaluasi kinerja tiap OPD, politisi yang juga pernah mengemban amanah sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang ini, juga akan menyediakan kuesioner yang diharapkan bisa diisi oleh masyarakat.

”Setiap tamu nanti kita berikan kuesioner untuk menilai bagaimana pelayanan yang diberikan oleh satuan kerja, isinya (kuesioner) soal bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Pemkab,” terangnya.

Setelah terkumpul, lanjut Didik, nantinya isi dalam kuesioner tersebut bakal dijadikan rujukan evaluasi demi kebaikan kedepannya. 

”Kuesioner yang telah terkumpul itu nanti dalam 1 bulan akan dijadikan bahan evaluasi. Sehingga bisa diketahui mana Dinas, Kabid, Kasi yang belum memberikan layanan dengan baik,” tegasnya.

Dia berharap, dalam 3 bulan kedepan, sudah tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh karena pelayanan yang diberikan oleh Pemkab Malang tidak sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

”Saya ingin ini dilakukan oleh semuanya, kedepan tidak ada lagi petugas pelayanan yang tidak murah senyum. Nanti saya akan evaluasi 3 bulan kedepan pada saat saya turun ke lapangan,” pungkasnya.

 

Topik
wabup malang didik gatot subrotovas bungaimbauan wabup malangberita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru