Pekan Ketahanan Pangan Digelar, Pemkot Malang Perkuat Urban Farming Arema

Mar 19, 2021 15:24
Wali Kota Malang Sutiaji (baju putih) saat meninjau salah satu wilayah yang menerapkan Urban Farmin di Kota Malang. (Foto: Instagram @pkkkotamalang).
Wali Kota Malang Sutiaji (baju putih) saat meninjau salah satu wilayah yang menerapkan Urban Farmin di Kota Malang. (Foto: Instagram @pkkkotamalang).

MALANGTIMES- Upaya untuk terus memaksimalkan pertanian perkotaan atau lebih dikenal dengan urban farming terus digalakkan di Kota Malang. Cara ini dinilai cukup ampuh dalam menciptakan kelestarian dan keasrian lingkungan, hingga penyediaan pangan bagi warga khususnya di masa pandemi Covid-19.

Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang (Dispangtan) Kota Malang berinisiatif menggelar Pekan Ketahanan Pangan.

Di mana, acara yang bakal dilangsungkan pada 22 hingga 25 Maret 2021 tersebut akan berisi rangkaian kegiatan yang bersifat memotivasi masyarakat Kota Malang untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga melalui urban farming.

Kepala Dispangtan Kota Malang Ade Herawanto mengatakan, melalui kegiatan tersebut dinilai akan memberikan banyak motivasi kepada masyarakat untuk menguatkan ketahanan pangan dan kebutuhan pangan melalui program Urban Farming Arema. "Dan nanti pada gilirannya diharapkan bisa   mencukupi kebutuhan pangan di tengah pandemi ini," ujarnya.

Adapun kegiatan yang bakal dihadirkan dalam sepekan nantinya, meliputi diskusi dan motivasi kepada berbagai elemen masyarakat. Kemudian, Cooking Class gemar makan ikan, FGD pengembangan peternakan era millenial, hingga Bimtek peningkatan produktivitas tanaman padi di Kota Malang.

Program ini rupa-rupanya dinilai menarik oleh legislatif. Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengungkapkan dengan adanya inovasi yang dihadirkan tersebut akan memacu semangat masyarakat Kota Malang untuk memperkuar urban farming.

Paling tidak di lingkungannya sendiri, terlebih di masa pandemi Covid-19. Sehingga bisa menerapkan konsumsi makanan yang sehat untuk menjaga imunitas tubuh. "Saya rasa ini merupakan inovasi yang bagus. Program-program urban farming ini memang perlu dikuatkan, untuk ketahanan pangan di masyarakat," katanya.

Lebih jauh, Wali Kota Malang Sutiaji turut memberikan dukungan terhadap program yang digagas Dispangtan Kota Malang. Ia mengharapkan, program tersebut tak hanya berhenti disitu saja, melainkan mampu melibatkan stakeholder lainnya.

"Semua inovasi dari PD (Perangkat Daerah) saya kira bagus. Kita lihat nanti goal-nya ini juga untuk ketahanan pangan. Tinggal nanti, ini bisa bekerja sama dengan BI kaitannya untuk penekanan inflasi, dan bagaimana pemanfaatan di sekitarnya yang memang sudah menjadi komitmen kita," paparnya.

Pihaknya juga menginginkan, bentuk inovasi-inovasi yang digagas oleh seluruh PD juga nantinya bisa berkelanjutan. Sehingga, konsep urban farming di Kota Malang bisa lebih meluas.

"Harapan kami itu sustainable, berkelanjutan. Ini gelaran 1 minggu malah bagus, tinggal masyarakat yang menjadi peserta ketika ada kegiatan itu  nanti bisa mengimplementasikan atau bisa menjalankan komitmen itu," tandasnya.

Topik
Berita Malangdispangtan kota malangSutiajiUrban Farming AremaAde Herawanto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru