Pertimbangkan Tata Ruang, Pemkab Malang Minta Kluster Perumahan Dibangun Berdekatan

Mar 18, 2021 17:49
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto. (Foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto meminta kepada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, untuk memberikan perhatian khusus kepada pembangunan atau perizinan kawasan perumahan. Salah satunya soal kebijakan pembangunan kluster.

Pihaknya beranggapan, jika banyaknya perumahan yang dibangun dengan metode kluster yang terpisah-pisah, dapat berpengaruh pada tata ruang di Kabupaten Malang. 

”Artinya model kluster itu hari ini harus segera dikolaborasikan,” ucapnya.

Maksud dari dikolaborasikan tersebut, dijelaskan Didik, adalah membangun perumahan yang didesign dengan model kluster agar didirikan di lokasi yang berdekatan. 

”Kalau itu disinkronkan dan ada sinkronisasi, maka seluruh kluster itu menjadi dipusatkan di satu lokasi. Itukan menjadi lebih bagus,” terangnya.

Jika hal itu direalisasikan, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini optimis tata ruang di Kabupaten Malang akan lebih tertata. 

”Sehingga tidak banyak kluster yang berdiri. Tujuannya supaya tidak merusak tata ruang,” ulasnya.

Selain tata ruang yang dianggap lebih layak, lanjut Didik, dengan metode pembangunan kluster yang lebih dipusatkan tersebut juga membuat terjadinya konektivitas antara satu kluster dengan lainnya.

”Penataan ruangnya enak, kemudian juga akan terjadi konekting antara satu (cluster) dengan yang lainnya,” ulas politisi yang juga pernah mengemban amanah sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang ini.

Guna mewujudkan pembangunan perumahan yang sesuai dengan tata ruang tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bakal terus berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Salah satunya dengan DPKPCK Kabupaten Malang.

Terbaru, pada Rabu (17/3/2021) Didik mengaku telah berkunjung secara langsung ke kantor DPKPCK yang berlokasi di area Blok Office, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

”Iya, kemarin saya sudah silahturahmi ke kantor DPKPCK. Kami meninjau terkait dengan perkembangan yang sedang ditangani. Satu diantaranya soal pasar, taman, dan kemudian perumahan,” ucapnya.

Selain melihat perkembangan sektor yang ditangani oleh DPKPCK Kabupaten Malang, dalam masa orientasi awal menjabat sebagai Wabup Malang tersebut, Didik juga meminta kepada seluruh OPD agar terus berinovasi.

”Dalam masa orientasi ini saya mengajak semuanya untuk merubah mindset. Kemudian masing-masing sektor mulai dari Kepala Dinas, Kepala Bidang, hingga kasie agar terus berinovasi,” tukasnya.

 

Topik
wabup malang didik gatot subrotopembangunan klasterperumahan klasterDPKPCK Kabupaten Malangberita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru