Berlaku Kasar pada Wartawan, Jurnalis Bondowoso Tuntut Pengawal Menteri KKP Diproses Hukum

Mar 18, 2021 16:07
Sejumlah jurnalis di Bondowoso gelar aksi solidaritas dugaan intimidasi wartawan oleh pengawal Menteri KKP
Sejumlah jurnalis di Bondowoso gelar aksi solidaritas dugaan intimidasi wartawan oleh pengawal Menteri KKP

BONDOWOSOTIMES - Sejumlah insan pers yang tergabung dalam Jurnalis Bondowoso, menuntun pengawal Menteri KKP RI (Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia) yang mengintimidasi pers diproses hukum.

Hal itu disampaikan dalam aksi solidaritas Jurnalis Bondowoso, di Alun-Alun RBA Ki Ronggo, Kamis (18/3/2021).

Aksi tersebut merupakan bentuk protes atas kekerasan yang dialami jurnalis JTV Situbondo Andi Nurcholis, saat kunjungan Menteri KKP RI. Kekerasan itu dilakukan oleh pengawal menteri, Selasa (16/3/2021) kemarin.  Andi didorong dan dibentak oleh dua orang pengawal menteri.

Sementara dalam aksi di Bondowoso, sejumlah jurnalis melakukan aksi teatrikal, yakni mendorong salah seorang rekannya. Hal itu sebagai bentuk sindiran kekerasan terhadap pers. Mereka juga menuliskan kalimat kritik. Yaitu 'Kami bersama Andi', 'Copot pengawal menteri KKP', 'Stop kekerasan pers' dan sebagainya.

Orator aksi, Bahrullah mengatakan, tindakan pengawal Menteri KKP tersebut merupakan bentuk pelecehan terhadap pers.

"Kami berharap dan mendukung Polri khususnya Polres Situbondo, agar memproses tindakan anarkis tersebut," katanya.

Menurutnya, kerja wartawan dilindungi Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999. Di mana, kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.

"Siapa pun tidak boleh menghalang-halangi kinerja jurnalis. Siapa pun yang menghalangi, berarti telah melanggar undang-undang dan bisa diproses. Apalagi disertai dengan tindakan kekerasan," paparnya.

Menurutnya, jika hal seperti ini dibiarkan. Maka bisa terjadi pada jurnalis-jurnalis di derah lain. "Tak boleh dibiarkan. Kami minta pengawal itu dipecat dan diproses. Ini bentuk pelecehan terhadap kemerdekaan pers," tegasnya.

Sementara berdasarkan data LBH Pers, kekeraan terhadap jurnalis pada 2020 mencapai 117 kasus. Angka ini tertinggi sejak paska reformasi. 

Adapun di awal tahun 2021 ini, kekerasan pers dialami oleh Jurnalis TV di Situbondo. Kekerasan dilakukan oleh oknum pengawal menteri KKP saat kunjungan. Oleh karena itu, Jurnalis Bondowoso mengecam tindakan tersebut. 

 

Topik
kekerasan pada wartawanJurnalis Bondowosopengawal menteri kkp rimenteri kkp riBerita Bondowoso

Berita Lainnya

Berita

Terbaru