Kabar Pembangunan Ibu Kota Baru Kembali Terdengar, akan Dipakai Jokowi 17 Agustusan 2024

Mar 18, 2021 08:19
Ibu kota baru (Kompas.com)
Ibu kota baru (Kompas.com)

INDONESIATIMES- Sempat tertunda karena pandemi Covid-19, kini kabar pembangunan ibu kota baru (IKN) di Kalimantan Timur kembali terdengar. Terdapat sejumlah target mengenai mega proyek ini yang disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.  

Terget-target itu, disampaikan saat rapat dengan Komisi XI DPR RI, pada Rabu (17/3/2021). Lantas apa saja kabar terbaru terkait pembangunan IKN ini?

1. Istana Presiden akan dibangun tahun ini

Istana Presiden di ibu kota baru rencananya akan dibangun pada tahun ini. Hal ini bisa terlaksana jika rancangan masterplan dan detail plan yang sudah disiapkan berjalan sesuai yang direncanakan.  

"Optimis mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-groundbreaking tahun ini," kata dia.

2. Dipakai 17 Agustusan 2024 oleh Jokowi

Suharso juga mengatakan jika rencananya Presiden Jokowi akan menggunakan IKN untuk merayakan HUT RI 17 Agustus 2024 mendatang. "Tanggal 17 Agustus 2024 Presiden bisa melaksanakan, kita melaksanakan peringatan 17 Agustus di ibu kota negara baru," kata dia.

Hal ini tentunya bisa terlaksana jika semua berjalan lancara dan vaksinasi Covid-19 bisa mencapai kekebalan komunal.  

3. Proyek IKN Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Dengan proyek ini, ibu kota baru bisa menjadi faktor pendorong bagi perekonomian Indonesia. Dengan demikian Suharso yakin sektor-sektor lain akan ikut terdampak dengan sendirinya. 

Topik
Ibu Kota BaruKalimantan TimurIstana PresidenPresiden Jokowi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru