Hebat, Baru Semester 4, Mahasiswa Unikama Ini Jadi Asisten Pengajar di BLK Pasuruan

Mar 17, 2021 20:11
Kampus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(Doc MalangTIMES)
Kampus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), memang banyak memiliki mahasiswa-mahasiswa berkualitas dengan berbagi kompetensi. Salah satunya adalah, Edo Serli Andika.

Ya, mahasiswa semester 4, jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unikama, asal Desa Tempeh Kidul, Kabupaten Lumajang berusia 21 tahun ini, kini ditunjuk menjadi seorang asisten instruktur di Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan.

"Baru-baru ini memang ditunjuk sama salah seorang instruktur saya dulu di BLK Singosari. Di sana saya bantu mengajar dalam kompetensi teknisi Hp," jelasnya, Rabu, (17/3/2021).

Dijelaskan lebih lanjut, jika kompetensi mengenai elektronika, khususnya di bidang teknisi Hp, dipelajari secara autodidak. Ketertarikan terhadap dunia tersebut diawalinya saat ia menempuh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

"Ya dulu tertarik awalnya ya nyoba-nyoba, terus mengambil jurusan TKJ itu semakin tertarik," terangnya.

Namun setelah lulus, Edo sempat menganggur. Untuk mengisi hari luangnya, ia mengikuti sang ayah yang bekerja sebagai seorang kuli bangunan. Setelah itu, setahun kemudian, munculnya niat untuk menempuh bangku kuliah yang kemudian mendapatkan support dari orangtuanya.

"Setelah itu, nyoba ikut SBMPTN nggak keterima, kemudian kuliah langsung daftar di Unikama. Dan alhamdulillah, ketika di Unikama juga bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat," jelasnya.

Di sela itu, ia juga sempat ikut dalam pelatihan di BLK Singosari. Setelah lulus, ia kemudian mendapat tawaran dari salah seorang mentor yang kebetulan juga merupakan mentor di Pasuruan untuk membantunya mengajar di BLK. "Peserta yang diajar, kebetulan saat ini dari pondok pesantren. Tapi peserta ada juga yang sudah kuliah, ada juga yang sudah berumur. Yang jelas senang bisa berbagi ilmu," jelasnya.

Sementara, saat ini kompetensi yang dimiliki Edo sangat membantunya dalam menempuh perkuliahan. Dengan pengetahuan mengenai elektronika, saat ini memudahkan dalam pengarahan pembelajaran robotik.

"Sangat membantu sekali. Kalau di kampus mengarah ke robotik. Harapannya semoga ke depan bisa terus meningkatkan kemampuan saya lebih baik lagi, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi banyak orang," pungkasnya.

Topik
Unikamaunikama malangedo serli andika

Berita Lainnya

Berita

Terbaru