PPKM Mikro, Kasus Aktif Covid-19 di Kabupaten Malang Menurun

Mar 17, 2021 20:03
Peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang periode 17 Maret 2021. (Foto: Istimewa)
Peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Malang periode 17 Maret 2021. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES- Memasuki pertengahan bulan Maret di tahun 2021 ini, perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Malang didominasi dengan jumlah pasien yang sembuh. Terbukti, pada hari ini (17/3/2021) jumlah pasien yang sembuh lebih banyak jika dibandingkan dengan penambahan kasus Covid-19.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, mendominasinya jumlah pasien yang telah sembuh tersebut, disebabkan karena adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

”Dengan adanya PPKM mikro ini kasus Covid-19 kita (di Kabupaten Malang) cenderung menurun, karena memang PPKM mikro ini dilakukan mulai dari tingkat RT (Rukun Tetangga). Tingginya tingkat kesadaran masyarakat inilah yang membuat penambahan kasus Covid-19 menjadi menurun,” ungkapnya kepada MalangTIMES.com.

Dijabarkan Aniswaty Aziz selaku Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, pada hari ini ada penambahan 14 orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. ”Jumlah pasien yang sembuh lebih banyak dari penambahan yang terpapar Covid-19. Hari ini penambahan kasus Covid-19 meningkat 10 orang, sedangkan yang sembuh bertambah 14 orang,” ungkapnya.

Menurutnya, update kasus pasien yang sembuh pada hari ini didominasi dari wilayah Kecamatan Lawang dengan penambahan 5 orang. Kemudian untuk Kecamatan Donomulyo, Kalipare, dan Singosari masing-masing bertambah 2 orang pasien. Sedangkan 3 pasien sembuh lainnya berasal dari Kecamatan Gondanglegi, Kepanjen, dan Pakisaji.

”Dengan adanya penambahan 14 pasien tersebut, membuat sampai dengan saat ini sudah ada 2.399 pasien di Kabupaten Malang yang dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Sekedar informasi, dijelaskan Aniswaty, sampai dengan saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Malang hanya ada 17 orang. Di mana, 13 pasien lainnya dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19, sedangkan 4 orang lainnya menjalani proses penyembuhan dengan cara isolasi mandiri.

”Sebelum PPKM mikro kita sempat memiliki kasus aktif hingga puluhan, sedangkan setelah PPKM mikro yang sudah berjalan 3 tahap ini membuat kasus aktif kita menurun cukup derastis,” pungkasnya.

Topik
Berita Malangppkm mikroWahyu HidayatAniswaty Aziz

Berita Lainnya

Berita

Terbaru