Kontribusi SDM dan Industri 4.0, Tugu Tirta Gagas Inovasi Unggulan "Si Raja Air"

Mar 17, 2021 15:06
Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang tingkatkan SDM di industri 4.0 serta mengembangkan inovasi-inovasi baru (foto: Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)
Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang tingkatkan SDM di industri 4.0 serta mengembangkan inovasi-inovasi baru (foto: Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)

MALANGTIMES- Sebagai kontribusi Perumda Tugu Tirta untuk negara di bidang SDM dan industri 4.0, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang melakukan pengembangan. Salah satunya inovasi baru unggulan Tugu Tirta adalah ‘Si Raja Air’.

Ide orisinil dari Tugu Tirta ini sudah berjalan mulai 2020 dan masuk dalam nominasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kota Malang 2021.

"Si Raja Air adalah sistem rekayasa jaringan air yang digagas untuk penanganan kejadian force majeure air tidak mengalir melalui rekayasa jaringan, tangki bantuan dan terminal air," ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas S.Pd, M.Si, Rabu (17/3/2021).

"Si Raja Air mempunyai dua tujuan utama, yaitu untuk meminimalisir dampak gangguan pelayanan akibat force majeure dan pemenuhan kebutuhan air sementara," imbuhnya.

Hal itu tentu dilakukan pengembangan bisnis pendirian Training Center untuk PDAM se-Indonesia dan pengembangan aplikasi IT. Serta melaksanakan studi kelayakan WTP SPAM sebagai langkah jangka panjang untuk jaminan akses aman dan ketercukupan air minum bagi warga Kota Malang.

Tidak hanya itu saja, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang juga. Yakni program penurunan kehilangan air (berhasil mencapai angka 16%), teknologi informasi yang terintegrasi (portal TWUIN), sistem distribusi air yang berbasis teknologi otomasi (SCADA - TWUIN Command Center) dan program zona air minum prima (ZAMP) memberikan layanan air siap minum ke pelanggan.

"Tugu Tirta juga menjalankan rencana pengamanan air minum (RPAM) nomor satu di Indonesia dan dipercaya oleh Direktorat Air Minum Kementerian PUPR, Bappenas serta WHO," ujarnya.

"Kami juga akan mengembangkan Sistem Penyediaan Air Minum SPAM 1 dan SPAM 2 dengan total sekitar 450 l/s untuk meningkatkan pelayanan air minum Kota Malang," imbuhnya.

Perlu diketahui, kini PDAM berubah menjadi Perumda Air Minum Tugu Tirta. Hal ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Malang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tugu Tirta Kota Malang pada tanggal 27 Desember 2019.

"Lebih dari itu, cakupan kegiatan usaha perusahaan kini menjadi lebih luas. Tugu Tirta bisa mengoptimalkan potensi untuk membentuk dan mengembangkan kegiatan usaha lainnya, tanpa mengesampingkan pelayanan prima kepada pelanggan sebagai prioritas," jelasnya.

Topik
Perumda Tugu TirtaPerumda Tugu Tirta Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru