Tak Cuma di Madiun, Makam Warna-warni Kini Juga Ada di Ponorogo, Jauh dari Kesan Seram

Mar 17, 2021 12:45
Makam di Ponorogo dicat warna-warni (Foto: DETIK.COM)
Makam di Ponorogo dicat warna-warni (Foto: DETIK.COM)

INDONESIATIMES- Kampung warna-warni mungkin sudah biasa ada di beberapa daerah. Namun bagaimana dengan makam warna-warni?

Yups, salah satu komplek pemakaman di daerah Ponorogo, Jawa Timur kini ada yang dicat warna-warni. Makam tersebut tepatnya ada di Desa Karangjoho, Kecamatan Badegan, Ponorogo.

Makam tersebut merupakan makam yang pertama dicat warna-warni di daerah Ponorogo. Untuk menghilangkan kesan mistis, dan menyeramkan warga memutuskan untuk membersihkan pemakaman dan mengecatnya dengan aneka warna.  

Jadilah, makam itu terlihat unik dan menarik. Bahkan, beberapa warga malah memanfaatkan arema makam untuk dijadikan spot foto.

Perangkat desa setempat, Diki Mardiansyah mengatakan jika pengecatan nisan dengan makam itu merupakan aksi spontanitas.

"Kebetulan ada arahan dari Pak Bupati yang disampaikan oleh Pak Camat untuk mencanangkan desa yang indah dan elok, dan pengecatan nisan ini salah satunya," kata Diki.

Image
Foto: detik.com

Ia lantas menceritakan awalnya warga mengadakan kerja bakti bersih-bersih lingkungan desa. Lalu saat berada di aera pemakaman, para pemuda mengusulkan untuk nisan-nisan itu dibersihkan dan dicat.  

Lantaran kondisinya memang sudah lama dan terlihat kusam bahkan sampai rusak.  "Nisan yang rusak itu kita hubungi ahli warisnya untuk diperbaiki bersama-sama. Nisan yang kurang pas juga dibenahi sehingga kelihatan rapi," ungkapnya.

Untuk proses penataan nisan dan pengecatan warga membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Disinggung soal protes warga terkait pengecatan makam, Diki mengaku belum ada. Justru masyarakat malah memberi dukungan.

Sebelumnya, makam warna-warni sudah ada di kawasan Madiun, Jawa Timur. Tepatnya ada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Katoharjo.  

Bahkan, makam tersebut kini lebih dikenal dengan makam warna-warni ketimbang TPU Nguwot. 

Topik
makam warna warniponorogoJawa TimurSpot foto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru