Mendongeng bisa bantu kendala bahasa pada anak (Foto: kolominformasi)
Mendongeng bisa bantu kendala bahasa pada anak (Foto: kolominformasi)

MALANGTIMES - Kendala berbahasa dan buta aksara, khususnya pada anak, diyakini bisa diatasi dengan menceritakan dongeng berbahasa ibu atau berbahasa Indonesia, demikian diungkapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

"Salah satu penyebab kebutaaksaraan di Tanah Air itu karena ego bahasa ibu yang kental. Dongeng bahasa ibu dan nasional itu penting karena kantong kebutaaksaraan terdapat ego bahasa ibu yang kental," ujar Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemdikbud, Ella Yulaelawati beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, keegoan tersebut rencananya dimanfaatkan Kemdikbud untuk membuat buku dongeng dengan bahasa ibu dan nasional di tingkat PAUD. Cara ini diharapkan bisa mengurangi kendala kemampuan anak dalam berbahasa.

Selama ini, Elly memandang anak-anak lebih suka cerita dongeng luar negeri seperti Hulk, Captain America, Cinderella dan sebagainya. "Kami masih mencari para penulis dongeng yang bisa menarik perhatian anak dengan kisah dongeng khas Indonesia," tegasnya.

Tak hanya itu, Kemdikbud juga berencana bekerja sama dengan stasiun televisi untuk menyajikan tayangan yang pro-PAUD. "Agak sulit menyelipkan tayangan mendidik untuk anak usia dini di televisi selama ini. Hal ini karena mahalnya biaya untuk beberapa detik saja di televisi. Sementara biaya Kemendikbud di Ditjen PAUDNI-Dikmas sangat terbatas," tandasnya. (*)