BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Kepanjen Resmikan Perisai Nelayan Sendang Biru

Mar 15, 2021 20:33
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Kepanjen Wahyu Hutomo (dua dari kiri) saat menyerahkan bantuan simbolis kepada Ketua KUB Nelayan Sendang Biru Irfan. (Foto: Istimewa) 
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Kepanjen Wahyu Hutomo (dua dari kiri) saat menyerahkan bantuan simbolis kepada Ketua KUB Nelayan Sendang Biru Irfan. (Foto: Istimewa) 

MALANGTIMES - Dalam rangka memudahkan nelayan dan para pekerja untuk menggunakan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan, Kantor BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan Cabang Malang Kepanjen meresmikan kantor Perisai Mina Rukun Bahari yang berada di kawasan Sendang Biru, Kabupaten Malang. 

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjan Cabang Malang Kepanjen Wahyu Hutomo mengatakan bahwa peresmain Kantor Perisai Mina Rukun Bahari untuk para nelayan Sendang Biru untuk membantu memberikan fasilitas pelayanan dari BPJS Ketenagakerjaan. 

"Peresmian Kantor Perisai Nelayan Sendang Biru tidak lain adalah membantu dan mempermudah dalam pengurusan pendaftaran serta pembayaran iuran. Saat ini kami masih memiliki satu orang yang membantu kerja BPJS Ketenagakerjaan untuk di kawasan Sendang Biru," ujarnya kepada pewarta, Senin (15/3/2021). 

Selain melayani hal tersebut, disampaikan Wahyu bahwa nantinya penempatan salah satu orang yang sudah diberikan tugas untuk membantu kerja BPJS Ketenagakerjaan dalam mengawal dan membantu proses klaim peserta jika terjadi resiko kecelakaan kerja dan kematian untuk para nelayan. 

"Mengingat kerja nelayan yang tidak mengenal waktu dan resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi," tambahnya. 

Wahyu pun sekilas menjelaskan terkait Perisai yang baru saja diresmikan di Sendang Biru. Yakni merupakan kepanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan. 

"Perisai itu istilahnya kalau di kami itu Penggerak Jaminan Sosial Indonesia itu salah satunya kepanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan dalam artian sebagai agen," ujarnya. 

Agen tersebut nantinya dapat bertugas untuk mencari peserta BPJS Ketenagakerjaan, membantu sosialisasi program, sekaligus melakukan pemrosesan terkait pendaftaran serta pembayaran iuran. 

"Perisai tersebut bisa membantu untuk proses klaim. Baik itu klaim kecelakaan kerja dan meninggal. Di Sendang Biru sini baru ada satu orang," tuturnya. 

Wahyu menjelaskan bahwa tidak semua orang dapat dijadikan sebagai anggota Perisai. Karena anggota Perisai harus dapat bergerak mobile, guyub rukun dengan masyarakat, memiliki jiwa sosial tinggi serta dapat menjadi penyedia kebutuhan masyarakat. 

Lanjut Wahyu terkait Perisai Mina Rukun Bahari Sendang Biru merupakan contoh pertama untuk membentuk perisai-perisai lain di wilayah Kabupaten Malang. "Perisai Mina Rukun Bahari Sendang Biru sebagai percontohan bagi calon perisai yang lain. Mengingat masih ada 8 titik lokasi nelayan yang tersebar di wilayah Malang Selatan," terangnya. 

Selain itu, disampaikan Wahyu bahwa juga masih banyak potensi nelayan yang belum terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan. "Masih banyak nelayan yang belum terdaftar dalam program BPJamsostek. Di sini peran Perisai sangat besar, di mana ikut membantu melindungi keselamatan nelayan pada saat melaut," pungkasnya.

Topik
BPJS Ketenagakerjaanberita nelayanwahyu hutomoperisai mina rukun bahari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru