Guru Jalani Suntikan Vaksinasi ke-2, Pemkab Malang Optimistis Uji Coba PTM Segera Dimulai

Mar 15, 2021 20:24
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Rachmat Hardijono (pakaian dinas coklat) saat menjalani suntikan vaksinasi ke-2 di RSUD Kanjuruhan, Senin (15/3/2021). (Foto: istimewa)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Rachmat Hardijono (pakaian dinas coklat) saat menjalani suntikan vaksinasi ke-2 di RSUD Kanjuruhan, Senin (15/3/2021). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Hari ini (Senin 15/3/2021) suntikan vaksinasi lanjutan atau ke-2 telah dijalani oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Malang Rachmat Hardijono. Selain pegawai Dispendik, di hari yang bersamaan tahapan lanjutan vaksinasi juga dilangsungkan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), yang ada di Kabupaten Malang.

”Vaksinasi dosis ke-2 ini juga diikuti oleh para pendidik maupun tenaga kependidikan se-Kabupaten Malang yang bertugas di Sekolah Negeri. Mereka menjalani vaksinasi di 59 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), yang tersebar di Kabupaten Malang,” ungkap Kadispendik Kabupaten Malang Rachmat Hardijono usai menjalani vaksinasi ke-2 di RSUD Kanjuruhan, Senin (15/3/2021).

Pihaknya berharap, dengan terus dilangsungkannya tahapan vaksinasi kepada para GTK ini, bisa mempercepat tahapan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Malang.

”Saya berharap vaksinasi ini bisa membentuk kekebalan tubuh terhadap Covid-19. Dengan adanya vaksinasi ini, uji coba PTM di Kabupaten Malang diharapkan bisa segera dimulai lebih awal dari yang telah dijadwalkan,” ucapnya.

Meski vaksinasi tidak menjadi pertimbangan utama dimulainya uji coba PTM, lanjut Rachmat, namun setidaknya dengan adanya vaksinasi terhadap kalangan GTK ini bisa lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat maupun Satgas Covid-19, terkait adanya kekhawatiran klaster baru jika PTM resmi digelar kembali.

"Jika minimal 70 persen GTK di satuan pendidikan sudah menjalani vaksinasi, saya yakin masyarakat dan Tim Satgas semakin percaya jika PTM di sekolah nantinya akan aman," imbuhnya.

Sekedar informasi, dijelaskan Rachmat dalam pemberitaan sebelumnya, setidaknya ada sekitar 61 ribu GTK di Kabupaten Malang yang diproyeksikan bakal menerima suntikan vaksinasi. Data tersebut telah disesuaikan dengan data dari Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).

Sementara itu, dalam vaksinasi tahap awal kepada kalangan guru yang mulai dilangsungkan pada awal Maret 2021 lalu, Dispendik Kabupaten Malang telah mengajukan sebanyak 14.555 orang. Belasan ribu GTK yang berasal dari sekolah negeri yang ada dibawah naungan Dispendik Kabupaten Malang inilah, yang diproyeksikan mulai menerima vaksinasi ke-2 sejak hari ini.

”Data jumlah pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah swasta juga sudah kita (Dispendik) serahkan ke Dinas Kesehatan (Kabupaten Malang). Insyaa Allah vaksinasinya (terhadap GTK sekolah swasta, red) akan dimulai akhir Maret atau April mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, dari beberapa pemberitaan, selain Pemkab Malang, beberapa daerah pemerintahan lainnya juga telah mempersiapkan uji coba PTM. Persiapan itu dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, yang sempat menargetkan semua sekolah akan menerapkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai Juli 2021.

Topik
Rachmat Hardijonoguru dan tenaga kependidikandinas pendidikan kabupaten malangpembelajaran tatap mukaRSUD Kanjuruhan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru