Dorong Kemajuan Usaha Mikro, Diskopindag Kota Malang Fasilitasi Kemudahan Perizinan

Mar 15, 2021 19:22
Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra ST MT saat memberikan sambutan dalam kegiatan Fasilitasi Kemudahan Perizinan Usaha Mikro. (Foto: Anggoro Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra ST MT saat memberikan sambutan dalam kegiatan Fasilitasi Kemudahan Perizinan Usaha Mikro. (Foto: Anggoro Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Malang melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) sebagai leading sector terus mendorong kemajuan industri kecil menengah (IKM) Kota Malang untuk terus maju dan berkembang.

Upaya tersebut dilakukan dengan mengadakan kegiatan pemberdayaan usaha mikro  melalui pendataan, kemitraan, kemudahan perizinan, penguatan kelembagaan. Juga melalui koordinasi dengan para pemangku kepentingan dengan mengambil fokus fasilitas kemudahan perizinan usaha mikro.

Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra ST MT menjelaskan, kegiatan yang dilakukan di Atria Hotel (15/3/2021) itu mendorong dan memfasilitasi para pelaku  IKM terkait kemudahan perizinan usaha mikro, baik sertifikasi halal maupun uji nutrisi.

Diskopindag3fa406df457ffc339.jpg

Dengan fasilitasi yang diberikan, tentunya para pelaku IKM bisa dengan mudah dalam kepengurusan sertifikasi halal, kepengurusan merek, maupun uji nutrisi, baik dari segi pembiayaan maupun waktu kepengurusan sehingga lebih bermanfaat. "Dengan tersertifikasi, baik sertifikasi halal, kepengurusan merek maupun uji nutrisi tentunya akan membantu dalam pemasaran produk-produk para IKM," jelasnya.

(Tambahan foto)

Dari situ, lanjut Sailendra, pemasaran yang lancar tentu berimbas pada produktivitas pelaku IKM dalam menghasilkan produk. Selain itu, pergerakan perekonomian para pelaku IKM lebih meningkat lagi. “Kepercayaan masyarakat terhadap produk IKM tentunya akan membuat pemasaran lancar, kemudian membuat produksi meningkat,” tambahnya.

Meskipun dalam perizinan usaha mikro diberikan fasilitasi kemudahan,  kepengurusan perizinan seperti sertifikasi halal, sertifikasi merek, maupun uji nutrisi tetap harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Diskopindag405b237da0dbd74b9.jpg

Kemudahan dalam hal ini adalah  Diskopindag terus melakukan pendampingan kepada para pelaku IKM yang melakukan kepengurusan sertifikasi. Bila para pelaku IKM mengalami kesulitan, Diskopindag akan lebih memberikan arahan.n"Kalau misal ada kesulitan-kesulitan, kami bantu cari solusinya seperti apa," pungkas Sailendra.

Topik
Sektor IKM Kota MalangDiskopindag Kota Malangpelaku IKM di Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru