Wanita Pemandu Lagu Diamankan Polisi, Edarkan Uang Palsu Bersama Teman Prianya

Mar 15, 2021 17:23
Tersangka YY dan TS beserta barang bukti yang diamankan Unit Pidsus Polres Tulungagung. (Foto: Dokpol/TulungagungTIMES)
Tersangka YY dan TS beserta barang bukti yang diamankan Unit Pidsus Polres Tulungagung. (Foto: Dokpol/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Dua orang ditangkap setelah diketahui mengedarkan uang palsu di salah satu toko di Desa Ngunggahan, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Kamis (11/03/2021) lalu. Dua pelaku yakni YY (38), warga Gedangsewu RT 02 RW 01 Desa Pojok, Kecamatan Campurdarat, dan seorang lagi perempuan berinisial TS (36) beralamat di Pagarbukik, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

"Ditangkap di rumahnya setelah sebelumnya petugas membuntuti karena ada laporan warga terkait peredaran uang palsu," kata Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Ardyan Yudo melalui Kanit Pidsus Iptu Didik Riyanto, Senin (15/03/2021).

YS sesaat sebelum ditangkap mendatangi beberapa toko dan berpura-pura membeli rokok dengan uang pecahan lima puluhan dan seratusan ribu uang palsu. "Pelaku ini membelanjakan uang palsu di beberapa toko. Kemudian uang kembalian yang akan diterimanya adalah uang asli," ujarnya.

Beberapa pemilik toko baru sadar menerima uang palsu  setelah transaksi dilakukan. Kemudian mereka memberi informasi ke polisi tentang adanya peredaran uang palsu dengan ciri-ciri pelaku.

"Setelah dilakukan penyelidikan, petugas kami berhasil mengidentifikasi dan mengamankan pelaku di rumahnya," ungkap Didik.

Sesaat setelah YY diamankan, polisi melakukan pengembangan dari mana asal uang palsu didapatkan. Hasilnya, seorang lagi, yakni TS, perempuan yang berprofesi sebagai pemandu lagu di salah satu kafe di Sumbergempol, berhasil diamankan.

"Perempuan ini merupakan hasil pengembangan. Uang ini didapatkan dari pelaku ini (TS)," jelasnya.

Dari kedua orang pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang palsu pecahan 50 dan 100 ribuan dengan jumlah Rp 3.100. 000.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 36 Ayat (2) dan (3) jo Pasal 26 Ayat (2) dan (3) UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang jo Pasal 55 ayat (1) ke 1e KUH Pidana. "Pelaku saat ini ditangani unit pidsus guna proses penyidikan lebih lanjut," terang Didik.

Pelaku YY ditahan di mapolres. Sedangkan TS dititipkan di Mapolsek Tulungagung kota. 

 

Topik
Pengedar Uang PalsuPolres Tulungagungberita tulungangung
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru