Dampak Hujan Lebat di Kota Malang, Air Menggenangi Stasiun Malang Kota Baru

Mar 15, 2021 07:19
Tangkapan layar video viral air hujan yang menggenangi area dalam Stasiun Malang Kota Baru, Minggu (14/3/2021). (Foto: Istimewa) 
Tangkapan layar video viral air hujan yang menggenangi area dalam Stasiun Malang Kota Baru, Minggu (14/3/2021). (Foto: Istimewa) 

MALANGTIMES - Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kota Malang selama dua jam mulai pukul 14.00 WIB pada hari Minggu (14/3/2021) menyebabkan beberapa wilayah di Kota Malang mengalami banjir, pohon tumbang serta bangunan longsor. 

Salah satu yang terdampak banjir yakni kawasan Stasiun Malang Kota Baru. Berdasarkan video yang viral di media sosial dengan durasi 1 menit 26 detik, menunjukkan air sampai menggenangi ruang tunggu penumpang hingga pintu masuk penumpang. Tampak dalam video viral tersebut air menggenangi sampai mata kaki orang dewasa atau sekitar 10 sentimeter. 

Dikonfirmasi pewarta, Manajer Humas PT KAI Daop (daerah operasional) 8 Surabaya Luqman Arif membenarkan terkait kejadian air yang menggenangi area ruang tunggu hingga pintu masuk penumpang di Stasiun Malang Kota Baru. 

Namun Luqman menuturkan bahwa dengan adanya genangan air tersebut tidak sampai mengganggu jadwal keberangkatan kereta api di Stasiun Malang Kota Baru. 

"Iya benar (air menggenangi area ruang tunggu hingga pintu masuk, red). Tidak sampai mengganggu jadwal keberangkatan kereta api," ujarnya ketika dihubungi MalangTIMES, Senin (15/3/2021). 

Meskipun tidak mengganggu jadwal keberangkatan kereta api, Luqman melanjutkan bahwa terdapat gangguan pada pelayanan kepada penumpang akibat banjir tersebut. 

"Pelayanan ke penumpang terganggu akibat banjir tersebut. PT KAI mohon maaf atas ketidaknyamannnya dan banjir tersebut sudah surut tidak lama setelah hujan reda," ungkapnya. 

Luqman mengatakan bahwa air hanya menggenangi area ruang tunggu dan pintu masuk penumpang. Adanya air tersebut dikatakan Luqman disebabkan oleh hujan lebat disertai angin kencang. 

"Cuma ruang tunggu itu tampias air hujan. Karena pas hujan deras kemarin disertai angin, jadi airnya mengarah ke dalam," terangnya. 

Melihat situasi dan kondisi seperti itu, pihak PT KAI langsung mengerahkan petugas kebersihan untuk segera melakukan pengurasan terhadap genangan air didalam area Stasiun Malang Kota Baru. 

"Petugas segera menguras genangan air tersebut dan air surut tidak lama setelah hujan reda. Memberi tanda di daerah lantai yang licin supaya penumpang lebih hati-hati dan terhindar dari terpeleset. Satu jam sudah clear," tandasnya.

Topik
banjir kota malangstasiun kota malangberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru