Perpustakaan UIN Malang Beri Kemudahan Akses Koleksi Jurnal Springer

Mar 14, 2021 17:56
Ilustrasi akses jurnal (ka.unikom.ac.id)
Ilustrasi akses jurnal (ka.unikom.ac.id)

MALANGTIMES - Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang memberikan pelayanan prima. Warga akademi UIN MALIKI Malang meskipun tak menggunakan jaringan internet kampus, bisa tetap mengakses koleksi jurnal Springer dari rumah.

Hal ini mengingat saat ini masih masa pandemi, sehingga kegiatan secara fisik atau secara langsung di kampus masih dilakukan pembatasan.

Kepala Perpustakaan UIN MALIKI Malang, Mufid MH, membernarkan hal tersebut. Dijelaskannya, jika akses jurnal spinger itu berlangganan. Sehingga mereka yang tidak datang ke kampus dan juga menggunakan jaringan koneksi kampus, tentu tak dapat mengakses koleksi jurnal springer.

"Kecuali mereka mempunyai akun. Karena itu, agar bisa mengakses koleksi jurnal springer itu harus mengajukan permohonan akun," bebernya.

Untuk permohonan akun, dengan mengisi formulir pada bit.ly/akunspringer. Setelah langkah itu, kemudian akan menerima surel undangan Ascocited User dari UIN MALIKI Malang dan juga Springer Nature yang dikirimkan melalui email.

Dalam email yang dikirimkan tersebut terdapat sebuah link tautan yang merupakan pendaftaran. Kemudian klik link invitation tersebut dan kemudian lakukan sign-up. Setelah proses sign-up selesai, maka pemohon bisa melakukan akses seperti halnya saat menggunakan jaringan kampus.

Selain itu, pembuatan akun bisa dilakukan sendiri. Akan tetapi, pemohon akun harus mengunjungi kampus dan terkoneksi dengan jaringan internet kampus sehingga bisa mengakses link.springer.com. Setelah masuk situs tersebut, lakukan sign-up.

"Ini tidak hanya untuk mahasiswa akhir saja. Tapi untuk semua mahasiswa dan dosen," jelasnya saat dihubungi, Minggu (14/3/2021).

Untuk informasi, koleksi jurnal Springer yang dilanggan oleh Perpustakaan UIN MALIKI Malang, banyak menyediakan akses jurnal bersubjek sains (hard science). Sehingga hal ini sangat berguna bagi mahasiswa Saintek dan Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran (FKIK).

Topik
jurnal springerUIN MalangUIN Maliki MalangPerpustakaan UIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru