Patroli Blue Light, Satlantas Polresta Malang Kota Amankan 12 Unit Roda Dua

Mar 14, 2021 13:44
Para pelanggar yang diamankan di Mapolresta Malang Kota, Sabtu (13/3/2021). (Foto: Istimewa) 
Para pelanggar yang diamankan di Mapolresta Malang Kota, Sabtu (13/3/2021). (Foto: Istimewa) 

MALANGTIMES - Belasan kendaraan tidak standar diamankan petugas Satlantas Polresta Malang Kota saat Patroli Blue Light yang digelar pada Sabtu (13/3/2021) malam. Patroli digelar di sejumlah jalan antara lain, Jalur Ijen, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Soekarno HattaJalan Ciliwung dan Jalan Raden Intan.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution menyebutkan ada  12 kendaraan roda dua yang diamankan. Pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara bukan karena balapan liar akan tetapia karena kondisi kendaraan. "12 unit roda dua semua. Nggak ada R4 nya. Bukan balap liar. Tapi mereka itu kendaraan-kendaraan yang tidak sesuai standar layak jalan," ujarnya saat dihubungi pewarta, Minggu (14/3/2021). 

Perwira yang akrab disapa Rama tersebut melanjutkan, bahwa kendaraan-kendaraan yang tidak sesuai standar layak jalan tersebut seperti pemakaian knalpot racing, kendaraan tidak dilengkapi plat nomor polisi dan beberapa pelanggaran lain yang menyebabkan kendaraan-kendaraan tersebut diamankan. 

Lanjut Rama bahwa para pelanggar lalu lintas tersebut juga telah diberikan sanksi administratif yakni berupa tilang. "Yang pasti kita tilang. Kedua mereka akan kita amankan kendaraannya untuk di standar kan. Seperti kendaraan sesuai layak jalan atau standar fabrikan," katanya. 

Serta untuk kendaraan-kendaraan yang sudah mengarah pada spesifikasi balap, Rama menuturkan akan memanggil orangtua dari yang bersangkutan. "Dan yang sudah mengarah kepada spek ke balap kita panggil orangtuanya. Supaya putra-putrinya lebih diawasi dalam mengendarai roda dua," terangnya. 

Perwira dengan satu melati di pundaknya ini menuturkan bahwa pihaknya melakukan penyisiran dan patroli blue light di beberapa ruas jalan yang memang kerap kali digunakan oleh pengendara untuk melangsungkan balap liar atau sekedar lewat namun tidak dilengkapi standar kendaraan layak jalan. "Mulai dari Jalan Ijen, Jalur Jaksa Agung Suprapto, terus kita ke Jalan Veteran lalu ada juga di seputaran Jalan Soekarno Hatta , Jalan Ciliwung dan Raden Intan," terangnya. 

Sementara itu, jika pada saat Patroli Blue Light ditemukan balap liar di ruas jalan Kota Malang pihaknya juga akan mengamankan kendaraan beserta pengendara. "Nantinya akan diberikan edukasi melalui dikmas lantas, kami juga akan panggil orang tuanya supaya orang tuanya juga bisa lebih memahami," ujarnya. 

Rama mengimbau khususnya kepada orangtua dari pelanggar lalulintas yang didominasi oleh remaja agar lebih memerhatikan dan memberikan pengawasan yang baik terhadap putra-putrinya, agar tidak melakukan tindakan yang membahayakan bagi pengendara maupun pengguna jalan lainnya. 

"Khususnya kepada para orang tua, jangan sekali-sekali mengizinkan anaknya yang belum memiliki SIM (surat izin mengemudi, red) dan mengendarai kendaraan yang tidak sesuai dengan standar dari pabrik," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Rama juga mengatakan bahwa sesuai dengan imbauan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, masyarakat luas dapat membantu dengan memanfaatkan aplikasi Jogo Malang agar segera ditindaklanjuti jika terdapat laporan yang masuk.

Topik
Satlantas Polresta Malang KotaAKBP Leonardus SimarmataLeonardus SimarmataPatroli Blue Lightjogo malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru