Support Pemasaran Produk UMKM, Gedung DPRD Kota Malang Kembali Jadi Tempat Pameran

Mar 12, 2021 16:31
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandana Kartika (bertopi) saat meninjau pameran UMKM di Hall Gedung DPRD Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandana Kartika (bertopi) saat meninjau pameran UMKM di Hall Gedung DPRD Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pameran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di hall Gedung DPRD Kota Malang kembali digelar. Bebagai macam produk-produk lokal milik pelaku usaha di Kota Malang terpampang untuk dinikmati pengunjungnya.

Mulai dari sektor kuliner, kerajinan tangan, kain, dan kebutuhan-kebutuhan umum masyarakat lainnya super epic terpasang.

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengatakan, kegiatan pameran UMKM kali ini bakal dilangsungkan selama 2 hari. Yakni mulai hari ini (Jumat, 12/3/2021) hingga besok (Sabtu, 13/3/2021).

Langkah ini sebagai satu upaya memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk berkreasi dan melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari kegiatan seni budaya, sosial ekonomi, keagamaan, hingga hajatan yang bisa dilaksanakan di hall DPRD Kota Malang.

"Kami sangat mendukung kegiatan sperti ini, apalagi menggandeng juga beberapa instansi lain. Artinya dewan tidak sendirian untuk sama-sama menyukseskan acara ini," ujarnya.

Akses pemberian ruang kepada pelaku usaha inilah yang ke depan juga akan terus dilakukan. Bahkan dalam kegiatan itu, Made menyebut, tak hanya memfasilitasi kegiatan pameran semata, melainkan juga bentuk menyerap aspirasi khususnya dari pelaku UMKM itu sendiri.

"Artinya masukan, bukan hanya acara. Masukan UMKM terhadap anggaran ke depan, di PAK besok apa yang bisa kita perbuat untuk UMKM juga bisa kita dapatkan lewat acara seperti ini," katanya.

Melalui kegiatan ini, politisi PDI-Perjuangan ini menjelaskan jika itu juga sebagai bentuk meningkatkan kembali dan memberdayakan UMKM khususnya di masa pandemi Covid-19. Ia juga mengatakan, siapapun masyarakat umum bisa menggunakan fasilitas Hall Gedung DPRD Kota Malang untuk berkegiatan.

"Kami terbuka bagi siapapun yang mau memanfaatkan lantai 1 Hall gedung DPRD Kota Malang ini. Harapan kami, pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 berjalan seimbang. Salah satu pemulihan ekonomi itu lewat kegiatan-kegiatan seperti ini," tandasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Novia Maulina yang ikut serta memamerkan produk-produk hasil karya buatannya mengungkapkan, melalui kegiatan ini menjadi ajang untuk lebih mengenalkan berbagai karyanya untuk lebih meluas lagi.

Dirinya hadir dengan membawa karya-karya permainan edukasi berkonsep educational toys untuk anak-anak yang diberi nama Funlearning_Id. Jenis-jenis karya edukasi permainan yang ditawarkan dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan aman untuk anak-anak.

"Harapannya nanti kita lebih punya jaringan, link lebih banyak lagi. Untuk bisa memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk usaha kami ini," ungkapnya.

Topik
pemasaran produk UMKMDPRD Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru